Disebut sebagai Narkotika, Jokowi Gelar Rapat untuk Tuntaskan Status Legalisasi Kratom di Indonesia

Like

Sebenarnya, Kratom itu Apa sih?

Melansir dari situs resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), kratom merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh subur di wilayah Kalimantan. Daun kratom ini juga tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand dan Malaysia. 

Si pemilik nama ilmiah Mitragyna speciosa ini mempunyai bahan kandungan aktif yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengobatan seperti tekanan darah tinggi, diare, kanker, hingga antidiabetes.

Baca Juga: Chandrika Chika Pakai Narkoba, Berikut Ciri-ciri Penggunanya!

Namun di balik manfaatnya tersebut, kratom juga punya efek samping yang bisa membuat penggunanya kecanduan, mual, muntah, bahkan gangguan mental dan hati apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Kratom asal Indonesia biasanya untuk memasok ekspor-ekspor di AS dan Eropa. Di sana, kratom dipercaya sebagai obat pengobatan sehingga menjadi komoditas yang sangat penting.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung