Tokyo Futari Hitori, Aplikasi Kencan Buatan Pemerintah Jepang, Mampukah Dongkrak Angka Pernikahan?

Like

Alasan Pemerintah Buat Aplikasi Kencan

Di balik peluncuran aplikasi Tokyo Futari Hitori tentu ada alasan yang mendasarinya. Pemerintah Tokyo memutuskan untuk membuat aplikasi karena melihat turunnya angka pernikahan dan kelahiran di sana.

Melansir dari The Economic Times, Kementerian Kesehatan setempat melaporkan terjadinya penurunan angka pernikahan dari tahun 2022 ke 2023 yang sebelumnya tercatat 504.930 menjadi 474.717. Sementara angka kelahiran, dari angka 770.759 turun jadi 727.277.

Resesi tersebut bisa terjadi karena masyarakat Jepang menganggap apabila mempunyai anak berarti harus mengeluarkan biaya hidup yang sangat besar.

Baca Juga: Suho EXO Kencan dengan Salah Satu Pemain Start Up, Sama Siapa ya?

Enggak cuma itu, budaya masyarakat sana juga lebih mementingkan karir ditambah dengan jam kerjanya yang panjang dan super sibuk.


Sebenarnya, di Jepang punya tren konsep pernikahan sendiri yang dinamakan friendship marriage.

Konsepnya ini adalah menikah, tetapi pasangan tersebut tidak menjalin hubungan layaknya suami istri dan tidak didasari oleh rasa cinta. Jadi, hanya mementingkan statusnya saja di mata hukum dan masyarakat.

Tak hanya itu, pemerintah Jepang juga pernah membuat peraturan di tahun 2023 yang isinya berupa benefit apabila ada warganya yang melangsungkan pernikahan. Benefit tersebut berupa jasa penitipan anak serta insentif tambahan untuk keluarga.

Akan tetapi, konsep pernikahan serta aturan tersebut nyatanya tidak menimbulkan dampak apa-apa. Makanya, pemerintah punya inisiatif baru buat mendongkrak angka kelahiran dan pernikahan di masyarakat dengan membentuk aplikasi kencan. 

Harapannya, aplikasi Tokyo Futari Hitori ini bisa membantu masyarakat menemukan pasangannya lebih cepat dan mudah, sehingga bisa menjalin hubungan ke jenjang pernikahan sampai punya keturunan demi meningkatkan jumlah populasi di Jepang.






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung