Networking Jadi Kunci Kesuksesan Karir Seseorang, Sudah Coba?

Ilustrasi networking. (Sumber gambar: hashmicro.com)

Ilustrasi networking. (Sumber gambar: hashmicro.com)

Like

Banyak orang-orang sukses mengatakan kalau networking jadi salah satu kunci kesuksesan mereka. Mereka tahu kalau saja kesuksesan mereka bukan atas dasar usaha pribadi, tetapi berkat bantuan banyak orang.

Bahkan ada pepatah yang menyebutkan “It’s not what you know, it’s who you know”. Peribahasa ini menyiratkan kalau saja siapa yang kalian kenal akan menentukan nasib dan perjalan hidup kalian.

Ternyata anggapan kalau networking menjadi salah satu kunci kesuksesan utama sudah dibuktikan oleh riset.

Salah seorang profesor psikologi, Hans Georg Wolff dan Klaus Moser melakukan sebuah riset mengenai hubungan networking dengan kesuksesan karier.

Hasilnya, networking punya peran penting dalam pertumbuhan karir seseorang. Semakin baik koneksi yang kalian miliki akan sangat berhubungan dengan pertumbuhan gaji dari waktu ke waktu.


Pada dasarnya memang logis. Seseorang yang memiliki kemampuan networking yang baik akan semakin terekspos dengan kemungkinan dan peluang yang ada. Terutama bila ditunjang dengan nilai yang ditawarkan oleh seseorang.

Baca Juga: Jangan Mau Kalah dengan Teknologi, Ini Cara untuk Menjadi Ahli AI!

Lalu bagaimana agar Be-emers bisa membangun networking yang baik? Yuk, simak artikel berikut
 


Menjadi Teman yang Baik

Sebagian orang merasa kalau saja networking adalah sesuatu yang sulit. Ada sebagian lainnya yang menganggap perilaku ini mencerminkan sesuatu tindakan yang sangat transaksional.

Salah satu cara yang dapat meminimalisir perasaan-perasaan tersebut adalah menjadi teman baik. Dengan memulai hubungan dengan konsep pertemanan akan menimbulkan intensi pada lawan bicara yang tulus.

Dengan menjadi seorang teman membuat kita tidak memiliki ekspektasi berlebihan. Barulah saat ada kesempatan datang kita bisa memanfaatkannya dengan baik. Jangan berekspektasi mendapat keuntungan secara singkat. Anggap hubungan yang kalian miliki sebagai long-term investment.