Jangan Mau Kalah dengan Teknologi, Ini Cara untuk Menjadi Ahli AI!

(Ilustrasi: pexels-tara-winstead)

(Ilustrasi: pexels-tara-winstead)

Like

Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI)  bukan alat yang masih sebatas angan-angan saja. Tetapi  sekarang ini secara global kecerdasan buatan menjadi salah satu parameter untuk penerimaan pegawai.  

Termasuk perusahaan di Asia Tenggara ada yang telah mensyaratkan agar para calon pegawai yang akan diterima harus memiliki ketrampilan teknologi tinggi yang sedang berkembang seperti kecerdasan buatan atau AI, keamanan siber, dan robotika.

Pengertian dari Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan adalah kemampuan mesin untuk belajar dan berpikir seperti manusia. Hal ini mencakup berbagai teknologi seperti machine learning, deep learning dan natural language processing.

Ada kelebihan dan kekurangan AI.  Kelebihannya adalah dapat meningkatkan produktivitas. Sementara kekurangan AI adalah hasil yang disajkan berpotensi tidak akurat.


Mengapa manusia ciptakan AI sebagai saingan?


Teknologi berkembang begitu pesatnya. Salah satu yang muncul adalah AI. Tujuan penggunaannya untuk bantu manusia bekerja lebih cerdas dan meningkatkan produktivitas dan mendapatkan keuntungan banyak dengan implementasi AI.


Baca Juga: Ini Alasan Bisnis Kamu Butuh Artificial Intelligence (AI)

AI adalah komputer yang mampu belajar dari pengalaman (data), mengidentifikasi pola, membuat keputusan, menyelesaikan tugas-tugas kompleks dengan cepat dan efisien.   

Anda secara sadar atau tidak sadar pernah menggunakan AI untuk kehidupan sehari-hari, misalnya mengetik atau  mencari pengertian sesuatu hal yang sulit.

Dengan kedatangan AI dalam dunia pekerjaan, industri, perusahaan dan karyawan dipaksa untuk memiliki mindset yang sangat berbeda dengan sebelumnya


Daripada Dikuasai AI, Lebih Baik Kuasai AI


Menjadi seorang insinyur AI dengan cara membangun algoritma pembelajaran mesin dan jaringan saraf sehingga mendapatkan wawasan bisnis yang dapat digunakan untuk keputusan bisnis dalam suatu organisasi.

Seorang insinyur AI harus punya kemampuan pemahaman yang baik tentang pemrograman, rekayasa perangkat lunak, dan ilmu data.  Alat dan teknik berbeda sehingga dapat memproses data dan mengembangkan sistem AI.

AI dapat dimanfaatkan dalam menicptakan berbagai jenis aplikasi AI, seperti perikalanan dan lainnya harus berdasarkan analisis sentiment, identifikasi atau persepsi visual dan terjemahan bahasa.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Diprediksi Bisa Digantikan AI, Apa Saja Tuh?


Cara Menjadi Ahli AI


1. Lulus Sekolah Menengah Atas


Lulus Sekolah Menengah Atas dengan minat disiplin ilmu seperti kimia, fisika, atau matematika. Dengan background dasar yang kuat dalam pelajaran ilmiah, anda akan dapat belajar bidang AI .


2. Selesaikan Gelar Sarjana


Mendaftarkan diri di program Bachelor of Science selama tiga tahun.  Alternatif lain adalah mendaftar di bidang teknik yagn secara konsepstual sebanding misalnya teknologi informasi atau ilmu computer dan ambil spesialisasi dalam kecerdasan buatan di samping ilmu data dan pembelajaran mesin.


3. Kejar Gelar Master


Untuk meningkatkan kompetensi dan bersaing dalam ilmu AI, maka Anda perlu meningkatkan kapasitas untuk ambil gelar Master Insinyur Kecerdasan Buatan.


4. Dapatkan Pengalaman Praktis


Jadi insinyur AI harus punya pengalaman praktis. Memang Anda sudah punya dasar yang kuat dalam matematika, statistik, dan ilmu komputer tapi pengalaman langsung dalam dunia nyata sama pentingnya.   

Carilah proyek dan berpartisipasi dalam hackathon, kembangkan ketrampilan praktis dan pengalaman dibidang rekayasa.

Selain itu ikut juga kursus online dan boothcamp untuk mendapatkan pembelajaran dan bimbingan terstruktur dan mendapat kesempatan mengerjakan proyek dunia nyata.

Dunia pekerjaan di Asia Tenggara sudah mensyaratkan adanya keterampilan AI untuk rekrutmen.  Sebelum Anda tergerus, lebih cepat bersiap diri untuk membekali diri.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.