Strategi Bisnis Jangka Panjang: Perjalanan Tatuis dari Garasi Hingga Pabrik!

sumber gambar Bisnismuda.com

sumber gambar Bisnismuda.com

Like

Hi, Be-emers, Jumat (28/6) lalu tentunya kita tidak melewatkan belajar bisnis bareng Mbak Mira Gartina Co-Founder dari Tatuis, bukan? Jumat lalu, kita belajar tentang bagaimana mencipatakan strategi bisnis jangka panjang. 
 
Dalam Youngpreneur Talk: Strategi Bisnis Jangka Panjang: Rahasia Langgeng Lebih dari 1 Dekade, Wanita sukses pencinta quotes ini berbagi ilmu dan pengalaman bisnisnya. Selagi masih hangat di kepala, mari kita abadikan ingatan pelajaran semalam dalam sebuah tulisan.
 
Tatuis adalah brand mukena high fashion yang telah berdiri lebih dari satu dekade, kini menjadi pilihan favorit banyak orang. Berdiri sejak awal di garasi rumah, Tatuis telah mengalami perjalanan panjang hingga menjadi salah satu pemain utama di industri fashion muslim. Mbak Mira Gartina, salah satu pendiri Tatuis, berbagi kisah inspiratif di balik kesuksesan brand ini.
 

Awal Mula Tatuis: Dari Garasi Rumah ke Pabrik

Tatuis dimulai dengan sangat sederhana. Mira Gartina menceritakan bahwa brand ini awalnya hanya memiliki satu penjahit dan beroperasi di garasi rumah.

Dengan dedikasi dan kerja keras, akhirnya mereka berhasil membangun bisnis dari nol. Tidak hanya berhasil bertahan,

Tatuis kini memiliki pabrik sendiri dan telah menjadi merk yang sangat digemari. Untuk mendapatkan produk ini bisa dijelajahi di berbagai e-commerce 

 

Inovasi: Kunci Keberhasilan Tatuis

Menurut Mbak Mira, salah satu kunci utama keberhasilan bisnisnya adalah inovasi. Pada saat mukena umumnya hanya berwarna putih.

Mbak Mira dan timnya mencoba mengkreasikan mukena dengan bahan denim. Ternyata langkah ini menjadi terobosan besar dan membuka pasar baru yang sebelumnya tidak terbayangkan.
 
 

Menghadapi Tantangan Pasar dan Perubahan Konsumen

Tidak hanya inovasi, tetapi juga kemampuan untuk menghadapi tantangan pasar dan perubahan konsumen yang menjadi faktor penting dalam keberhasilan Tatuis.


Ada dua jenis perubahan yang sering kali harus dihadapi:
 

1. Perubahan yang bisa dikendalikan

Misalnya, perubahan dari reseller menjadi distributor.
 

2. Perubahan yang tidak bisa dikendalikan

Misalnya, pergeseran pasar dari offline ke online. Namun, Tatuis berhasil menghadapi kedua jenis perubahan ini dengan strategi yang matang dan eksekusi yang tepat.