Pusat Data Nasional Mati, Bener Enggak Sih Kekurangan SDM yang Jago IT?

Like

Indonesia Kekurangan SDM di bidang Cyber Security, Bener Enggak?

Kata Pak Hinsa Siburian, Indonesia kekurangan sumber daya di bidang cyber security karena masih sedikitnya perguruan tinggi yang punya jurusan tersebut.

Lah, apa kabar dengan Bina Nusantara, Telkom University, President University, Universitas Pelita Harapan dan sederet universitas lainnya? Lulusan mereka bagus-bagus, kampusnya jempolan, bahkan banyak mendapatkan penghargaan dan beasiswa studi lanjutan. 
     
 Mengapa pemerintah tidak memaksimalkan tenaga mereka? Saya pikir, sayang sekali kalau tenaga mereka tidak dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga atau parahnya dicaplok sama negara lain. Negara bisa rugi besar.

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Pusat Data Nasional, Integrasi Data Jadi Satu

Padahal, kalau mereka diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam berkarya dan berinovasi juga difasilitasi, mereka bisa lho mengembangkan sistem keamanan siber yang jauh lebih baik lagi dari segi firewall, pemrograman, jaringan sampai ke manajemennya. Tentunya bisa mengangkat nama baik pemerintah di bidang informatika bukan? 








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung