Stealth Marketing: Strategi Marketing yang Sering Diterapkan Brand Besar di Film

Like

Contoh Stealth Marketing yang Ada di Sinetron atau Film

1. Film Cast Away dengan Brand FedEx

Contoh pertama dari mimin jatuh kepada film Cast Away yang dibintangi oleh Tom Hanks. Film ini memang sukses membuat penontonnya banjir air mata.

Tetapi, sepanjang film, ada satu nama brand yang sukses mencuri perhatian kita. Brand tersebut adalah FedEx, jasa pengiriman barang internasional. Product placement yang dilakukan FedEx pada film terbukti sukses.

Bahkan di ending film Cast Away, ada momen yang sukses membuat perhatian kita pecah akan brand FedEx. Momen itu adalah ketika Chuck Noland, yang dibintangi Tom Hanks tetap mengirimkan paket barang yang ada meskipun sudah lama terdampar hingga berbulan-bulan. Paket itupun tidak pernah dibuka sama sekali olehnya.

Jelas ada pesan marketing tersembunyi yang coba disampaikan. Apabila mimin coba "sotoy" memahaminya, itu bisa berarti "FedEx tetap akan mengantarkan barang Anda meskipun kurir kami mengalami masalah berat dan jangan pernah khawatir soal privasi".

 

2. Film Italian Job dengan Brand Mini Cooper

Contoh kedua datang dari film Italian Job. Ini adalah film aksi kriminal yang rilis pada tahun 2003 lalu, dan disutradarai oleh F. Gary Grey.


Film ini bertabur bintang-bintang ternama Hollywood seperti Mark Wahlberg, Charlize Theron, Edward Norton, Jason Statham dan lainnya.

Baca Juga: Intip Strategi Marketing ala KKV yang Selalu Diserbu Gen Z!

Di sepanjang film, kita akan disuguhkan petualangan mereka dalam mengambil kembali uang 35 juta dolar yang sebelumnya dirampas oleh gangster Italia. Di sepanjang film ini sendiri, kita juga akan disuguhkan akan desain mobil mini cooper yang eye catching.
 

3. Film Forrest Gump dengan Brand Nike

"Run, Forrest, Run". Ya, satu lagi film ikonik yang dibintangi oleh Tom Hanks. Menceritakan tentang seorang pria dengan IQ 75 serta memiliki keterbatasan dalam hal fisiknya. Meskipun begitu, ia memiliki kemampuan di atas rata-rata dalam berlari.

Ia bahkan mendapatkan Medali Kehormatan Kongres karena kemampuan berlarinya yang menjadi penyelamat banyak tentara terluka saat perang Amerika versus Vietnam. Perjalanan lari itu ditutup dengan Forrest yang berhasil mengelilingi Amerika Serikat. Dan tebak, sepatu apa yang ia gunakan untuk berlari?, ya sepatu Nike.
 

4. Film Top Gun dengan Ray-Ban

Terakhir ada film Top Gun legendaris yang dibintangi oleh aktor ternama Tom Cruise. Film yang rilis tahun 1986 memang sukses membuat remaja milenial saat itu demam ingin jadi pilot pesawat tempur. Satu hal yang ikonik dari Maverick, karakter utama yang diperankan oleh Tom Hanks, adalah ia yang selalu menggunakan Ray-Ban. Ya, Ray-Ban adalah brand dari kacamata hitam yang diproduksi untuk angkatan udara Amerika Serikat.

Inilah penjelasan lengkap tentang stealth marketing, strategi yang sering brand-brand terapkan pada sinetron atau film. Kamu tentu bisa mencari contohnya sendiri bukan?.







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung