Mempersiapkan Wawancara Kerja, Ini 5 Tips Supaya Kamu Dilirik HRD!

Ilustrasi wawancara kerja (Sumber gambar : pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ilustrasi wawancara kerja (Sumber gambar : pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Like

Tahapan melamar pekerjaan setelah cv kita lolos adalah menghadapi interview atau wawancara kerja. Interview atau wawancara kerja biasanya dilakukan dengan tujuan agar tim HRD dapat menentukan kandidat mana yang sesuai untuk mengisi lowongan yang ditawarkan.

Sehingga waktu interview merupakan saat yang penting bagi pelamar kerja, sehingga sangat disarankan untuk mempersiapkan diri.

Berikut adalah beberapa hal yang wajib kita perhatikan ketika mempersiapkan wawancara kerja, agar HRD tertarik pada kita  



1. Penampilan

Saat melakukan interview, alangkah lebih baik kita memperhatikan penampilan kita. Tidak perlu memakai pakaian baru, cukup pakaian yang bersih, rapi dan wangi saja akan menambah rasa percaya diri kita.

Erin McGoff seorang career coach asal new york yang dikutip dalam kompas.com menyatakan bahwa pakaian dapat mengungkapkan banyak hal tentang profesionalisme dan perhatian seseorang terhadap detail, selain itu dengan kita merasa bahwa penampilan kita bersih dan rapi secara tidak sadar kita akan bertindak lebih percaya diri.


Baca Juga: Checklist Persiapan Wawancara Kerja yang Wajib Kamu Ikutin, Dari Pakaian hingga Pertanyaan!


2. Sikap yang Baik dan Sopan

Sopan santun dan sikap yang baik saat interview pekerjaan sangat penting. Seorang HRD akan mengukur kualitas kita sebagai seorang pekerja dari sikap kita dan sopan santun kita. Sehingga alangkah baiknya ketika moment interview itu kita dapat bersikap baik dan menjaga sikap kita.


3. Kesesuaian Pendidikan, Skill, dan Pengalaman Kandidat

HRD pasti akan memprioritaskan kandidat yang background pendidikan dan pengalamannya sesuai dengan posisi yang tersedia. Ketika kita melamar sebuah pekerjaan jangan lupa untuk memperhatikan apakah background pendidikan, ketrampilan dan pengalaman kita sesuai dengan posisi yang ditawarkan.