Bayar UKT Kuliah Pakai Pinjol vs Student Loan, Apa Bedanya?

Like

Beda Student Loan dan Bayar UKT Pakai Pinjol

Sebenarnya keduanya sama-sama bersifat pinjaman, namun student loan memiliki perbedaan dengan pinjol. Mengutip dari detik.com, Student Loan ini dilakukan di Amerika Serikat sistem pembayarannya dengan cicilan setelah mahasiswa mengajukan pinjaman tersebut sudah lulus dan sudah mendapatkan pekerjaan, sehingga hal ini yang membedakan dengan pinjol di Indonesia. Melalui peminjaman pinjol, cicilan yang dibayarkan pada saat peminjam atau mahasiswa masih aktif atau bahkan saat itu juga.

Dilihat dari segi jangka waktu pembayaran, pinjaman biaya kuliah dengan pinjol memiliki jangka waktu pembayaran yang cukup singkat dengan maksimal satu tahun, jadi mahasiswa yang belum lulus harus melunasi atau membayar cicilan tersebut.

Baca Juga: UKT Meningkat, 4 Negara ini Gratiskan Biaya Kuliah Tanpa UKT

Sedangkan di luar negeri, tidak ada jangka waktu pembayaran, intinya mahasiswa harus melunasi ketika sudah lulus.

Dengan adanya kerjasama dengan lembaga pinjaman seperti ini rasanya seperti mencoreng nama baik pendidikan, seharusnya sebagai lembaga pendidikan harus lebih memprioritaskan mahasiswanya dibanding mengambil keuntungan yang akan didapat.









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung