3 Cara Menghindari Bayar Kuliah Pakai Pinjol

Bayar kuliah pakai pinjol jadi isu ramai yang sedang diperbincangkan. Apakah benar layak bayar ukt dengan pinjol? (Sumber gambar : pexels.com/Abby Chung)

Bayar kuliah pakai pinjol jadi isu ramai yang sedang diperbincangkan. Apakah benar layak bayar ukt dengan pinjol? (Sumber gambar : pexels.com/Abby Chung)

Like

Hot topik yang cukup menarik saat ini adalah tentang biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) universitas negeri yang melambung cukup tinggi. Untuk mengatasinya ada seorang menteri yang mendukung agar mahasiswa bayar kuliah pakai pinjol.

Padahal seperti yang kita ketahui pinjol mempunyai bunga yang cukup tinggi. Membayar UKT menggunakan pinjol bisa jadi menciptakan sebuah kesulitan kedepan. Lalu bagaimana mengatasi hal itu? ada beberapa kalangan yang mengatakan bahwa kuliah di luar negeri bisa menjadi solusi untuk mengatasi UKT yang mahal. Tapi benarkah study abroad menjadi solusi yang cocok untuk membayar kuliah tanpa pinjol.

Kuliah di luar negeri sebenarnya lebih cocok untuk masyarakat golongan menengah atas yang mempunyai cukup uang.

Baca Juga: Bayar UKT Kuliah Pakai Pinjol vs Student Loan, Apa Bedanya?

Seperti diketahui biaya untuk kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang cukup tinggi, selain biaya kuliah juga biaya hidup di luar negeri cukup mahal. Akan tetapi bukan berarti kita langsung menolak dan menghindari kuliah di luar negeri.


Asalkan kita tepat dan cermat dalam mencari peluang, kuliah di luar negeri bisa menjadi solusi untuk mengatasi UKT yang mahal serta menghindari pinjol. Lalu apa saja langkah-langkah tersebut :



Cara Menghindari Bayar Kuliah Pakai Pinjol:

1. Jalur beasiswa

Banyak beasiswa yang ditawarkan untuk kuliah di luar negeri, seperti beasiswa LPDP, beasiswa dari kementerian pendidikan dan kebudayaan serta banyak tawaran beasiswa dari negara-negara lain. Mendapatkan beasiswa akan membuat kita terbantu dalam hal biaya. Baik untuk membayar uang kuliah maupun untuk biaya hidup sehari-hari