Tips Atur Duit Biar Selamat di tanggal Tua dan Tetep 'Punya Nyawa'

Mengatur keuangan biar tetap bisa hidup sampai akhir bulan (Sumber gambar: Canva)

Mengatur keuangan biar tetap bisa hidup sampai akhir bulan (Sumber gambar: Canva)

Like

Be-emers, siapa nih yang menjelang akhir bulan isi dompet sudah seperti kos-kosan ketika libur semesteran alias kosong? Nah dompet kosong ini bisa terjadi pada siapapun lho jika mereka tidak cermat dalam hal mengatur keuangan.

Bayangkan jika tanggal gajian masih lama namun kamu sudah kehabisan uang, dijamin kamu bisa stres menghadapi kondisi tersebut. 

Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu harus mulai belajar mengatur keuanganmu supaya pengeluaran setiap bulannya tidak melebihi pemasukan yang kamu dapatkan alias anti boncos. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan. 


1. Catat Semua Pengeluaran Setiap Bulannya 

Mulailah membiasakan diri mencatat pengeluaran kamu sekecil apapun nilainya. Karena dengan mencatat itu semua, kamu bisa dengan mudah mengetahui kemana saja uang yang kamu keluarkan lalu kamu bisa membatasi atau mengurangi pengeluaran mana yang dinilai tidak terlalu penting.

Baca Jug: Menentukan Waktu Investasi, Pilah Jangka Pendek vs Jangka Panjang?

Kamu juga bisa mengetahui rerata jumlah pengeluaranmu setiap bulannya dengan memiliki catatan tersebut sehingga kamu bisa mengatur pengeluaran kamu agar tidak terjadi defisit. Nah, jika mencatat dirasa cukup merepotkan, kamu bisa memanfaatkan fitur aplikasi keuangan yang ada pada smartphone kamu. 


 

2. Buat Daftar Pengeluaran Wajib dan Fleksibel 

Buatlah daftar pengeluaran prioritas atau wajib kamu di setiap bulannya seperti kebutuhan pokok, kewajiban cicilan dan transportasi.

Alasan mengapa kamu harus membuat daftar ini adalah memudahkan kamu mengetahui berapa sisa uang kamu setelah dikurangi pengeluaran wajib.

Jika sudah diketahui nominalnya, kamu bisa mengatur  sisa uang kamu untuk kebutuhan lainnya dan menyisihkannya untuk tabungan atau dana darurat. 
 

Mengatur keuangan akan memudahkan kehidupan/Canva

Mengatur keuangan akan memudahkan kehidupan/Canva