Menciptakan Budaya Kerja yang Positif dengan 4 Langkah

Bekerja dalam tim yang memiliki budaya kerja positif lebih menyenangkan dan membuat pekerjaan jadi lebih ringansumber : https://id.pngtree.com/so/budaya-kerja

Bekerja dalam tim yang memiliki budaya kerja positif lebih menyenangkan dan membuat pekerjaan jadi lebih ringansumber : https://id.pngtree.com/so/budaya-kerja

Like

Bekerja di tim yang solid dan suportif jadi dambaan semua karyawan apalagi buat para gen Z. Katanya sih biar mentalitas tetap baik. Iya apa iya?

Makanya kata Bu Ira Noviarti, Bu Fanly dan Mr. Tilo Bonow, penting untuk menciptakan lingkungan kerja seperti ini jadi mereka semakin terpacu semangat dan keinginan berkembangnya. Gimana caranya?

 

Cara Menciptakan Tim Kerja yang Solid dan Suportif

1. Biasakan ramah kepada semua rekan kerja bukan hanya sekedar basa-basi 

Sering donk dengar ungkapan ‘jangan terlalu akrab sama teman kantor’? Mungkin sebagian besar dari kalian setuju, tapi Bu Fanly menepis ungkapan ini.

Menurutnya, ramah dengan semua rekan kerja itu bagus, asalkan tulus bukan menjilat atau pencitraan saja. Tapi inget, tetap tau batasan ya, jangan kebablasan lalu berujung cinlok, baper apalagi sikut-sikutan, berabe entar.

Baca Juga: Tawarkan 'Work From Anywhere', Sistem Kerja Salesforce Jadi Sorotan Nih


Selain biar suasana kerja enggak kaku kaku amat, miss communication juga bisa diminimalisir. Coba kalau kamu ngomong dengan rekan kerjamu layaknya teman biasa dengan sapaan ‘gw, lu’ misalnya, tentunya bakal lebih nyaman kan? Fun fact nih, Bu Fanly sampai gak mau dipanggil ‘Bu’ sama staffnya lho, berasa tua banget katanya. Hahaha ada-ada saja!
 

2. Build trust

Kunci kerja nyaman tanpa beban adalah membangun kepercayaan. Kamu bisa memulainya dengan mengerjakan tugas-tugasmu sebaik mungkin, tepat waktu sesuai dengan deadline yang ditentukan dan dapat diandalkan ketika dibutuhkan.

Sikap-sikap dasar seperti kejujuran, ketelitian, saling menghargai, empati, tanggung jawab serta berani mengakui kesalahan jangan sekali-kali kamu lupakan.

Oya, jangan ragu buat minta bantuan rekan kerja kalau kamu gak sanggup karna load kerjamu terlalu banyak, sekalian ngurangin beban pikiran dan tenagamu. Percaya deh dengan begini, kantor gak akan berani ngelepas kamu, langgeng terus.