Bisnis dan Pertemanan Wajib Langgeng, Begini Tipsnya!

Mnews.co.id

Mnews.co.id

Like

Punya impian bisnis bareng teman? Siapa yang tidak ingin, bisnis bareng teman pasti akan terasa menyenangkan. Apalagi hubungan pertemanan yang sudah lama dekat, tentunya akan lebih seru bisa jadi modal utama dalam berbisnis.

Ketika memulai bisnis bareng teman tentu hal-hal indah akan terpikirkan, karena pasti seru dalam menjalaninya. Selain sudah mengenal satu sama lain, bisa juga menghabiskan waktu bersama.

Sehingga, impian untuk sukses bersama sudah terbangun sejak memutuskan untuk berbisnis bareng.

Tetapi kenyataannya, tentu tidak semudah yang dipikirkan, karena sedekat apapun hubungan pertemanan pasti ada perdebatan kecil yang membuat bisnis hancur. Perlu adanya kerja sama yang baik, serta saling memahami.

Baca Juga: Pentingkah Co-Founder dalam Membangun Usaha? Ini Tips Biar Kamu Enggak Salah Pilih Partner
 

Tips Agar Bisnis bareng Teman Tetap Langgeng

Berikut tips yang harus dilakukan agar bisnis bareng teman agar tetap langgeng:

 

1. Visi Misi Sejalan

Ketika memulai bisnis bareng teman, maka visi dan misi harus sejalan. Sehingga tidak ada perbedaan yang nantinya menimbulkan perselisihan.

Menyatukan visi misi merupakan hal yang penting dalam berbisnis, karena dari masing-masing orang tentu memiliki pola pikir yang berbeda. 
 

2. Menentukan Peran Masing-masing

Meskipun bisnis yang dijalani statusnya sama-sama menjada founder, tetapi perlunya memiliki peran masing-masing untuk memudahkan pembagian tanggung jawab. Dalam menentukan peran, maka alangkah baiknya menyesuaikan dengan kemamouan dan passion masing-masing agar.

Jadi, ketika ada kendala salah satunya, maka satu sama lain akan memberikan saran, tanpa adanya campur tangan. Sehingga, akan menimbulkan sikap profesional dalam berbisnis.