Menciptakan Budaya Kerja yang Positif dengan 4 Langkah

Like

3. Aplikasikan SWOT dalam bekerja

SWOT bukan hanya sebagai dasar awal membangun bisnis saja, tapi juga penting dalam rangka mentreat karyawan. Analisislah apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan dan hal-hal apa yang menghambat kinerja karyawan.

Lalu, catat peluang-peluang yang mungkin belum pernah dilakukan perusahaan berikut solusinya. Contohnya saat ini HRD kurang mendalami kebijakan-kebijakan baru mengenai kepegawaian, perusahaan bisa memfasilitasi pelatihan HRBP bersama para pakar HRD seperti Ferry Alexander dan Vina Muliana.

Atau bisa juga perusahaan memberikan sesi konsultasi khusus terkait masalah-masalah kepegawaian sekaligus wadah bagi karyawan mengutarakan masukan dan kritik terhadap perusahaan. Win win solution kan?

Baca Juga: Tim yang Solid, Kunci Kesuksesan Bisnis

 

4. Jadi pribadi pembelajar 

Meski Bu Ira udah tergolong senior, beliau gak gengsi buat belajar sama bawahannya yang notabene jauh lebih muda. Ada banyak hal yang ketika awal beliau menjabat sebagai presdir Unilever belum ada, kini sudah menjamur dimana-mana seperti AI (Artificial Intelligence) dan VR (Virtual Reality).


Mau gak mau, Bu Ira tetap harus belajar toh biar perusahaannya makin maju. Pesan bu Ira, kita jangan sombong, berasa paling tau segalanya, bisa segalanya terus mengharuskan semua orang tunduk padanya gara-gara titel ‘atasan’.

Kita ikuti perkembangan teknologi yang ada, kita dukung juga fasilitasi gimana caranya biar mereka bisa mengaplikasikan hal-hal baru itu dalam pekerjaan. 

Dari tips-tips tadi, mana nih yang sudah kamu terapkan di kantormu? Ada yang mau nambahin? 








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung