Bisnis dan Pertemanan Wajib Langgeng, Begini Tipsnya!

Like

3. Komunikasi

Komunikasi memiliki peran penting dalam setiap hubungan, apalagi komunikasi bareng teman dalam membangun bisnis karena tidak mungkin harus mengambil keputusan hanya secara satu pihak tanpa ada komunikasi.

Kurangnya komunikasi menimbulkan perselisihan. Maka, komunikasikan bersama rekan bisnis, mulai dari pengembangan bisnis, menentukan produk serta inovasi, menetapkan harga produk, hingga yang menjadi hambatan pada bisnis.
 

4. Transparansi dalam Keuangan

Transparansi sangat penting ketika memulai bisnis bareng teman, untuk membangun kepercayaan buat manajemen keuangan transparansi, sehingga saling mengetahui kondisi keuangan masing-masing. Masalah keuangan bisa saja menimbulkan perselisahan dalam bisnis bareng teman.

Maka, pembagian keuntungan lebih baik dibicarakan di awal agar terhindar dari perselisihan. Oleh karena itu, kedua pihak memberi kesepakatan tentang pembagian keuntungan di awal.
 

5. Surat Kontrak Kerjasama Berlandaskan Hukum

Sebelum memulai berbisnis, pentingnya membuat surat perjanjian berlandaskan hukum, berupa tertulis di atas kertas diserta materai, termasuk poin mengenai pembagian tugas masing-masing serta keuntungan.

Dengan adanya surat ini, maka kita bisa terhindar dari permasalahan sepele atau diluar kendali yang terjadi di kemudian hari.


Berbisnis bareng teman memang terdapat plus minus, yang terpenting jangan sampai terjadi suatu masalah hanya karena komunikasi tidak lancar. Sehingga, bisnis hancur dan akhirnya menimbulkan permusuhan atau saling dendam.

Meskipun sudah terjun di dunia bisnis bareng-bareng maka harus tetap menjaga pertemanan agar tetap langgeng.  Jadi bisnis agar tetap langgeng, maka kesampingkan ego.

Baca Juga: Tips Memilih Partner Bisnis yang Tepat!

Menyatukan dua ide yang berbeda dari dua pribadi, tentunya bukan hal yang mudah. Utamakan kepentingan bersama demi mencapai tujuan bisnis. 

Berbisnis bareng temang terlihat mudah jika dilihat dari kacamata orang lain. Padahal, ada banyak hal yang terkadang tidak bisa diselesaikan secara tepat, bahkan bakal terjadi kehancuran bisnis atau pertemanan yang sudah dibangun bertahun-tahun.

Oleh karena itu, pastikan sudah memiliki kesiapan dengan apa yang akan terjadi di masa depan dalam membangun hubungan pertemanan yang dibarengi berbisnis. 

Kesuksesan diraih bersama, jangan menghancurkan pertemanan dan pekerjaan.



----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga?

Yuk, tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung