Rekomendasi Usaha Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga, Dijamin Cuan!

Like

Jasa Menjahit

Jasa menjahit selalu dibutuhkan, baik untuk keperluan pribadi seperti pakaian yang sesuai ukuran atau untuk keperluan lain seperti dekorasi rumah.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Jasa Menjahit

  1. Pelajari Teknik Menjahit, Pastikan Be-emers menguasai berbagai teknik menjahit dan memiliki mesin jahit yang baik.
  2. Tawarkan Beragam Layanan, Selain menjahit pakaian, tawarkan juga layanan permak, bordir, atau membuat aksesori.
  3. Promosi dari Mulut ke Mulut, Mulailah dari lingkaran terdekat Anda, berikan hasil terbaik untuk mendapatkan rekomendasi.
  4. Buat Portofolio, Dokumentasikan hasil karya dan buat portofolio yang menarik untuk ditunjukkan kepada calon pelanggan.
  5. Kerjasama dengan Toko Kain, Jalin kerjasama dengan toko kain untuk mendapatkan bahan dengan harga lebih murah dan untuk memperluas jaringan.

Ide Produk Jasa Menjahit

  1. Pakaian Custom, Gaun, baju pesta, atau pakaian sehari-hari yang disesuaikan dengan ukuran pelanggan.
  2. Permak Pakaian, Perbaikan pakaian robek, mengganti resleting, atau memperbaiki jahitan yang lepas. Meskipun menjahit jenis ini uangnya lebih kecil, tetapi mengalir setiap harinya. Karena, biasanya ada saja hal-hal kecil yang harus diperbaiki.
  3. Dekorasi Rumah, Dekorasi rumah seperti gorden, sarung bantal, atau sprei custom.
  4. Aksesori, Topi, tas, gantungan kunci, masker, dompet atau ikat pinggang dari kain.
  5. Seragam, Menjahit seragam sekolah, seragam kerja, atau seragam komunitas.

 Baca Juga: Intip 4 Peluang Usaha Sampingan yang Cocok Bagi Mahasiswa


Jualan Online

Rekomendasi usaha selanjutnya adalah jualan online. Karena usaha ini menawarkan fleksibilitas waktu dan tempat, serta potensi pasar yang sangat luas. Be-emers juga bisa menjual berbagai produk tanpa harus membuka toko fisik.

Langkah-Langkah Memulai Usaha Jualan Online atau Afiliasi 

  1. Tentukan Produk, Pilih produk yang diminati dan memiliki permintaan tinggi di pasaran. Seperti pakaian, jilbab, aksesoris, atau produk kecantikan.
  2. Buat Toko Online, Memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak untuk membuka toko online.
  3. Foto Produk Menarik, Pastikan foto produk yang dijual menarik dan jelas, karena ini sangat mempengaruhi keputusan pembelian pelanggan.
  4. Deskripsi Produk yang Jelas, Berikan deskripsi produk yang jelas dan lengkap, termasuk bahan, ukuran, dan cara perawatan.
  5. Promosi di Media Sosial, Gunakan media sosial untuk mempromosikan produk Anda, buat konten yang menarik untuk menarik perhatian calon pelanggan.


Baca Juga: Tips Berbisnis Bareng Partner Supaya Langgeng: Baca Panduan Lengkapnya


Ide Produk untuk Jualan Online

  1. Pakaian dan aksesoris, Seperti baju, sepatu, tas, atau perhiasan.
  2. Produk Kecantikan, Seperti skincare, makeup, atau alat kecantikan.
  3. Peralatan Rumah Tangga, Seperti alat masak, dekorasi rumah, atau peralatan kebersihan.
  4. Makanan dan Minuman, Seperti Snack, minuman kesehatan, atau bahan makanan organik.
  5. Barang Secondhand, Jual barang-barang bekas yang masih layak pakai, seperti buku, pakaian, atau elektronik.
Be-emers, memiliki penghasilan sendiri adalah salah satu cara bagi perempuan, untuk berdiri di atas kaki sendiri. Terus berkarya adalah kualitas yang sangat berharga.

Menjadi perempuan yang mandiri dan tangguh memang tidak mudah. Namun, hal ini sangat penting untuk diupayakan. Dengan demikian, kita dapat menghadapi berbagai keadaan dengan lebih kuat dan percaya diri. 

Kemandirian finansial tidak hanya memberikan keamanan, tetapi juga membuka peluang untuk kita berkontribusi lebih banyak untuk keluarga dan masyarakat. Mari kita terus berusaha dan membangun diri, sehingga bisa menjadi inspirasi bagi perempuan lainnya.



#Mon-FridayChallengeJuli







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung