Pengalaman Kena Quarter Life Crisis dan Cara Menghadapinya

Like

Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

Be-emers, Quarter Life Crisis, sangat mungkin dialami oleh siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan. Meskipun banyak yang mengatakan bahwa hal ini lebih rentan terjadi pada perempuan. Karena biasanya perempuan lebih sering mendapatkan tekanan dari masyarakat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada laki-laki. 

Maka jika Be-emers, mengalami kondisi tersebut kita melakukan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menerima dan Mencintai diri sendiri (Bersyukur)

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima dan mensyukuri kehidupan diri sendiri. Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk memahami diri sendiri sehingga pada akhirnya menemukan hal-hal yang penting dalam hidup dan tumbuh rasa syukur terhadap anugerah yang Allah berikan.
 

2. Menetapkan Tujuan yang Masuk Akal

Banyak orang yang gagal meraih tujuan hidupnya. Bukan karena tidak mampu atau tidak bisa tetapi terkadang memang tujuan itu tidak masuk akal. Misalnya ingin menikah dengan pangeran dll.

Namun, buatlah tujuan berjangka yang spesifik, terukur dan relevan. 
 

3. Mengembangkan Potensi Diri

Terkadang kita terlalu fokus dengan hasil yang telah dicapai tanpa melihat kemampuan yang dimiliki. Sehingga potensi yang ada terkubur semakin dalam. Cobalah untuk menggalinya dengan belajar atau mengambil kelas-kelas keterampilan sambil memperluas pergaulan dan wawasan.
   

4. Mencari Dukungan Orang Lain Dengan Sedikit Membuka Diri

Hal ini bisa dilakukan dengan cara bergabung dengan komunitas atau kelompok yang memiliki minat atau hobi yang sama. Bisa secara online atau offline. 



5. Olahraga dan Beraktivitas
Terkadang seseorang sulit atau keluar dari zona kebimbangan dan keresahan karena kurang melakukan aktivitas fisik. Lebih sering menyendiri, tiduran dan rebahan di rumah tanpa melakukan apapun. Bukan hanya otak yang semakin ruwet tetapi kesehatan tubuh juga terganggu. 

Baca Juga: Terbebas dari Quarter Life Crisis, Salah Satunya dengan Mindfulness
 

6. Menerima Perubahan

Terkadang kita akan dibuat terkejut dengan perubahan tetapi kita harus menyadari bahwa dunia ini selalu bergerak. Tidak ada yang monoton dan abadi. Maka jangan takut dengan perubahan dan cobalah hal-hal baru yang positif.
 

7. Konsultasi dengan Ahli

Jika segala upaya telah dilakukan dan tidak membutuhkan hasil, cobalah untuk mengkonsultasikan dengan Ahlinya..

Be-emers, quarter life crisis bisa terjadi pada siapa saja, jika orang lain bisa mengatasinya, maka kita juga bisa menghadapi dan melewatinya. Hal itu memang tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk berproses. Jangan pernah menyerah dan berpikirlah positif.


#Mon-FridayChallengeJuli










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung