Keluarga Single Income Merapat, Intip Cara Kelola Budget Plan Supaya Cuan!

Like

6. Menghindari Utang

Saat ini banyak sekali yang menawarkan utang dengan syarat mudah. Seperti pinjaman online dan juga bank-bank keliling, dengan sistem kelompok atau koperasi.

Meskipun demikian jangan sampai tergoda untuk meminjam meskipun bunga yang ditawarkan kecil. Seberapa pun kecil bunga tetap saja jika tidak bisa mengelola pada akhirnya kita yang akan dibuat rugi.

Namun, jika kondisi tertentu membuat kita terpaksa harus utang, pastikan untuk mempunyai rencana dan cara melunasinya.
 

7. Memanfaatkan Diskon dan Promo

Memanfaatkan diskon dan promo untuk kebutuhan rumah tangga, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Biasanya pada hari-hari tertentu mini market atau toko swalayan mengadakan promo-promo, diskon untuk menarik pelanggan. 

 

8. Mengevaluasi dan Merevisi Anggaran

Dengan mencatat seluruh pengeluaran kita bisa mengevaluasi dan merevisi kembali anggaran yang telah dibuat sebelumnya. Mana yang harus ditambah dan dikurangi, sehingga pengelolaan keuangan semakin matang.
 

9. Pendidikan Keuangan untuk Keluarga

Bedasarkan pengalaman pribadi, pendidikan keuangan hampir tidak pernah diajarkan. Orang tua hanya sebatas mengajarkan untuk terbiasa menabung tanpa mengerti bagaimana seharusnya kita mengelola keuangan yang baik. 


Baca Juga: Budget Plan untuk Keluarga Single Income, Rahasia Anti Kena Masalah Keuangan!

Edukasi keuangan bisa dimulai dari kita. Tak perlu menyalahkan orang tua kita tetapi cukup kita yang perbaiki diri dan ajarkan cara mengelola keuangan sejak dini.

 

10. Investasi

Pendidikan investasi terbilang rendah di negeri kita (opini pribadi). Sama halnya dengan pengelolaan keuangan, investasi adalah ilmu yang jarang diajarkan oleh orang tua kepada anak-anaknya. 

Akan lebih baik jika kita bisa memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk belajar investasi. 

Namun, dalam mengambil keputusan kita tidak boleh gegabah hanya berdasarkan informasi yang didapat dari internet. Pastikan untuk berkonsultasi dengan ahlinya atau teman, saudara yang telah lebih dulu masuk ke dunia investasi (pengalaman). 

Kita manusia memang hanya bisa membuat rencana dan Tuhan yang menentukan takdir-Nya. Namun, ada takdir yang bisa berubah berdasarkan bagaimana usaha manusia. Jadi jangan pernah berhenti berusaha menjadi lebih baik dalam segala hal. Mengelola keuangan dengan bijak adalah salah satu indikator masa depan cerah secara finansial.

#Mon-FridayChallengeJuli










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung