Amankah Menabung Dana Pensiun dengan Kripto? Begini Tipsnya

Menabung dana pensiun dengan kripto? Ini strategi dan risikonya (Foto. Freepik.com)

Menabung dana pensiun dengan kripto? Ini strategi dan risikonya (Foto. Freepik.com)

Like

Bagi sobat Be-emers yang mungkin melakukan perisaoan investasi untuk dana pensiun mungkin untuk sekarang masih belum terpikirkan. Namun, untuk menjaga keseimbangan finasial di masa yang akan datang perlunya merencanakan dana pensiun sedini mungkin.

Perencanaan keuangan menjadi bagian paling penting terlebih digunakan untuk menabung dana pensiun. Dalam menyiapkan dana pensiun menjadi satu sumber dana sebagai keperluan di masa depan.

Sehingga rajin menabung menjadi langkah utama, langkah selanjutnya berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun.

Cara salah satunya mendapatkan dana pensiun yang bersumber dari hasil investasi aset kripto. Dana pensiun merupakan jenis investasi yang memberikan passive income pada pensiunan. Tapi apa sih aset kripto itu?

Baca Juga: Minim Resiko, Investasi ORI Cocok untuk Gen Z!


Aset kripto merupakan bentuk aset digital yang nilainya ditentukan oleh pasar seperti saham atau obligasi serta dapat diperjualbelikan.

Kripto memiliki keunggulan dalam keamanan yang memiliki sifat terdesentralisasi, sehingga aset kripto dipilih sebagai sarana investasi jangka panjang dan menarik berbagai investor.


Amankah berinvestasi aset kripto untuk dana pensiun?

Berinvestasi di aset kripto untuk dana pensiun menjadi keputusan yang berisiko, karena aset ini sangat fluktuatif serta nilainya bergerak dengan cepat. Tidak hanya itu, sampai sekarang aturan terkait aset kripto masih terus berkembang sehingga menimbulkan ketidakpastian dalam investasi. 

Jadi perlunya mempertimbangkan kembali untuk  berinvestasi. Karena pada dasarnya untuk investasi dalam kripto harus didasarkan pada analisis menyeluruh tentang potensi risiko.