Strategi Ngiklan Nike Air Jordan yang Bisa ditiru Bisnismu!

Like

Sempat Terkendala Peraturan NBA

Sayangnya, desain sepatu Nike Jordan 1 ini, tidak sesuai dengan peraturan NBA saat itu, yang mengharuskan pemainnya mengenakan sepatu dengan dominasi warna putih sekitar 51%.

NBA bahkan tidak segan-segan untuk menjatuhkan denda sebesar $50.000 kepada siapa saja yang melanggar. Tak mau ambil pusing, Nike justru memanfaatkan denda tersebut untuk mempromosikan sepatu Nike Air Jordan 1 nya.

Saat itu, banyak stasiun televisi yang menyorot langkah kaki Jordan dengan Nike Air Jordan 1 nya.
Tidak sampai di situ saja, Nike bahkan memberikan copy ads super menggigit dengan slogan Be like Mike.

Slogan ini punya makna besar, kalau ini jadi pebasket hebat seperti Mike, belilah Nike Air Jordan 1 ini. Slogan ini sukses meledak di pasaran dan populer di tahun 90-an. Hasilnya, tidak mengecewakan.

Meskipun denda yang didapatkan sangatlah besar, Nike berhasil membalas itu dengan hasil penjualan mencapai $70 juta hanya dalam 2 bulan.


Di akhir tahun 1985, produk Nike Air Jordan 1 berhasil membantu Nike mendapatkan penjualan hingga $100 juta. Perlu diketahui bahwa nama Air Jordan ini terinspirasi dari kemampuan terbang milik Jordan. Untuk kamu yang menonton film Space Jam 1996, pasti sangat mengingatnya.

Baca Juga: Orderan Makin Sepi, BATA Hentikan Operasi Pabrik di Purwakarta!

 

Pelajaran Penting yang Bisa Diambil dari Nike Jordan 1

Keberhasilan Nike dalam mempromosikan produknya ini, memberikan kita banyak pelajaran sebagai pebisnis. Beberapa di antara pelajaran tersebut adalah;
  • Jangan pernah takut untuk memulai. Jangan jadikan kompetitor sebagai tantangan terbesar untuk bisa maju.
  • Bisnis itu pasti rugi, dan jangan ragu untuk mengambil “sedikit” risiko di dalam bisnis.
  • Personalisasi produk adalah kunci penting produk dapat diterima pelanggan. Dalam hal ini, Nike berhasil menyakinkan Jordan melalui sepatu edisi khususnya.
  • Copywriting yang baik adalah copywriting yang mampu menumbuhkan emosi mendalam dari orang-orang yang melihatnya.
Inilah rangkuman kisah nyata Nike ketika mempromosikan produknya Nike Air Jordan di tahun 1985. Semoga memberikan inspirasi ya!. 






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung