5 Tanda Kamu Harus Segera Melakukan Decluttering, Salah Satunya jika Sudah Ada Pengganti!

Ilustrasi decluttering (Sumber gambar : pexels.com / SHEVTS production)

Ilustrasi decluttering (Sumber gambar : pexels.com / SHEVTS production)

Like

Decluttering adalah kegiatan menyingkirkan atau menyortir barang-barang yang sudah tidak terpakai, bisa dengan membuang atau menyumbangkan barang-barang tersebut.

Banyak manfaat dari melakukan decluttering, seperti mengurangi stress, rumah atau tempat kerja kita menjadi lebih bersih dan rapi, waktu kita menjadi lebih efisien karena tidak perlu mencari barang dalam tumpukan dan masih banyak lainnya.

Walaupun terkesan mudah untuk dilakukan, masih banyak orang yang tidak dapat melakukan decluttering. Rata-rata karena masih terlalu sayang untuk menyingkirkan barang tersebut. Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa sudah waktunya kita untuk melakukan decluttering.


Tanda-Tanda Kamu harus Segera Melakukan Decluttering:

Berikut adalah beberapa tanda kamu harus segera melakukan decluttering:

Baca Juga: 
Digiland 2024: Pentingnya Memanfaatkan AI hingga Bagaimana Pelaksanaan Transformasi Hijau?

1. Tidak pernah dipakai atau digunakan dalam waktu yang cukup lama

Barang yang sudah lama tidak kita pakai akan lebih baik apabila kita singkirkan. Daripada kita menyimpan barang yang sudah tidak kita gunakan lagi dan menumpuknya, alangkah baiknya barang tersebut kita sumbangkan atau berikan kepada yang membutuhkan, dengan catatan barang tersebut masih dapat berfungsi.


2. Sudah tidak menyukai barang tersebut

Banyak dari kita yang masih mempertahankan barang yang sebenarnya tidak kita suka dengan alasan masih bagus atau sayang karena pemberian seseorang. Tetapi daripada memenuhi ruangan lebih baik barang tersebut kita lakukan decluttering.