Pentingnya Mengajarkan Investasi pada Anak Sejak Dini, Orang Tua Wajib Tahu!

Like

Memberikan Pemahaman Mudah Tentang Investasi

Sebagai orang tua bisa memberi penjelasan kepada anak terkait instrumen investasi dengan bahasa yang mudah mereka pahami.

Banyak anggapan bahwa, menabung dan investasi masih memiliki keterkaitan, karena sama-sama menyisihkan uang untuk kemudian hari.

Pada hal keduanya sangat berbeda. Menabung merupakan menyisihkan uang yang dimiliki, nantinya digunakan di kemudian hari, namun jumlah uang yang disimpan sama dengan jumlah uang yang ditabung, sedangkan investasi merupakan menanam uang yang dimiliki saat ini dengan tujuan akan bertambah nilainya di masa depan. 
 

Menceritakan Manfaat Investasi

Mengenalkan anak tentang investasi bisa dilakukan dengan ceritakan manfaat jika berinvestasi, tidak hanya itu, ceritakan juga harapan dan keinginan yang ingin diwujudkan ketika nanti berinvestasi.

Baca Juga: 
Pentingkah Mengajarkan Investasi pada Anak Sejak Dini? Yuk, Intip Alasannya!

Jadi, melalui cerita tersebut maka anak akan memiliki pemahaman yang tertanam dalam pikirannya terkait pentingnya investasi.

 



Mengajarkan Anak Hidup Hemat

Sejak dini mungkin ajak anak-anak untuk menerapkan gaya hidup hemat meskipun bukan hal yang mudah, apalagi ketika mereka terbiasa dengan gaya konsumtif yang tinggi sejak kecil.

Maka diperlukannya peran orang tua dalam membiasakan anak untuk hidup hemat. Jika menanamkan kebiasaan berhemat sejak kecil maka akan terbiasa untuk tidak konsumtif, nantinya bisa mengontrol keuangan di masa depannya.

Jadi, ada banyak alasan mengapa harus memperkenalkan investasi pada anak sedini mungkin, karena agar anak tidak mengulang hal yang pernah menjadi penyesalan orang tuanya sepeti tidak berinvestasi dari dulu.

Semakin cepat anak mengenal pengelolaan keuangan, menabung dan investasi maka akan membantu keuangan orang tua di masa depan.

Tentunya, semua orang tua memiliki harapan untuk tidak membebani anak di masa depan dan tidak meminta uang pada orang tua terus menerus.

Maka besar harapan orang tua untuk mengenalkan investasi sejak dini dengan harapan masa depan yang lebih baik.









----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung