Update Saham Bisnis Muda, Edisi 6 Agustus 2020

Update Saham Bisnis Muda

Update Saham Bisnis Muda

Like

Bergerak bullish, IHSG bertahan di zona hijau sepanjang sesi pertama perdagangan bursa hari ini (6/8). Baru dibuka, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) langsung melesat di kisaran level psikologis 5.100.

Bahkan, pukul 9:05 WIB, IHSG melaju ke level 5.167,76, dengan menguat 0,79 persen. Hingga akhir sesi I perdagangan bursa, IHSG telah menguat 0,85 persen ke level 5.170,79.

Sebanyak 9 dari 10 sektor di dalamnya bergerak positif. Sektor pertambangan berhasil memimpin penguatan sebesar 1,94 persen.
 

Kinerja Emiten

Perlu diakui, kebutuhan internet di masa pandemi ini memang meningkat. Dari data Kominfo, hingga April 2020, penggunaan internet meningkat hingga 40 persen.

Hal ini tentunya juga berdampak pada kinerja emiten menara telekomunikasi. Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, pendapatan 7 dari 8 emiten menara telekomunikasi meningkat di sepanjang semester I/2020.

PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI) jadi emiten yang pendapatannya paling cemerlang, dengan kenaikan hingga 26,19 persen.


Sementara itu, dari sisi laba, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) berhasil meraih pertumbuhan laba bersih hingga 33,58 persen dan 30,97 persen.

Pencapaian kinerja yang moncer di semester I/2020 tersebut membuat emiten menara diprediksi akan kembali mencetak kinerja yang cemerlang di semester selanjutnya. Bukan hanya lewat konsumsi internet dalam negeri, pendapatan dari sewa dan akuisisi menara juga dinilai bisa menopang pertumbuhan kinerja emiten.

Ada kabar apa lagi ya dari pasar modal?