Seharian Puas Eksplor di Digiland 2024, Ada Apa Saja Sih?

Like

Beberapa narasumber memberikan banyak wawasan tentang digitalisasi dan ekonomi digital di masa depan. Sebut saja publik figur dan sineas muda berbakat seperti Cinta Laura, Denny Sumargo, Angga Dwimas Sasongko, Mira Lesmana, Sheila Dara, Chelsea Islan, dan narasumber inspiratif lainnya. Konferensi kali ini juga mengundang narasumber dari kelompok komika Podcast Agak Laen.

Seketika seisi ruang stadion pecah karena tingkah polah keempat stand up komedian berdarah batak yang mengundang gelak tawa para peserta.

Mengingat kondisi talkshow di sesi-sesi sebelumnya yang lebih mirip seminar terlihat tenang dan formal, berkat aksi mereka mendadak suasana tegang tadi langsung berubah jadi cair dan ramai.

Selanjutnya Digiland Conference ditutup dengan hiburan festival musik. Para peserta konferensi dihibur dengan penampilan dari Sal Priadi dan David Bayu.

Kehadiran mereka di panggung sekaligus menutup Digiland di hari pertama dan dilanjutkan di hari berikutnya. Hari kedua pun lebih semarak dengan beberapa deretan penampil (line up) seperti penyanyi Yura Yunita, Marion Jola, King Nassar, grup musik dan band seperti The Changcuters, Saykoji serta Dewa 19.


Pada momen Digiland 2024 juga dimeriahkan dengan jajanan Pasar Rakyat dan bazar UMKM. Sebanyak puluhan tenant di Pasar Rakyat menarik perhatian para pemburu kuliner.

Mataku pun terbelalak saking ngilernya melihat banyak jajanan di sana. Bagaimana para pengunjung tidak semakin dimanjakan lidahnya? Banyak ragam menu makanan dan minuman khas kekinian yang tersedia tentunya dengan harga yang oke punya.
 

Pasar Rakyat yang Menghadirkan Ragam Kuliner

Sejauh mata ini memandang, di area Pasar Rakyat khususnya, kita bisa langsung menemukan berbagai sajian kuliner lokal ternama yang dapat dinikmati setiap pengunjung mulai dari tenant Ayam Gepuk Pak Gembus, Nasi goreng Kebon Sirih, Haus!, Kopi Kenangan dan masih banyak penjaja ragam kuliner lainnya yang bekerjasama dengan pergikuliner.

Bukan tanpa alasan, kehadiran pasar rakyat turut berupaya untuk mendukung peningkatan ekonomi rakyat Indonesia.

Sementara itu, di area bazar UMKM, terdapat berbagai tenant UMKM binaan Telkom yang berjejer rapi siap menyambut para pengunjung untuk mampir ngeborong. Beberapa di antaranya seperti booth D'Kochan Steak, Nasi Bali Dandit, Infusion Coconut Water, Tadaima Bakehouse dan lain-lain.

Dengan kehadiran konsep bazar di Digiland 2024 dipercaya membawa dampak yang signifikan bagi UMKM. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat untuk para pelaku UMKM.

Bukan sekedar bicara pendapatan saja tapi juga sebagai ajang promosi cuma-cuma dalam rangka memperkenalkan produk lokal mereka kepada masyarakat luas.

Baca Juga: Digiland 2024: Pentingnya Memanfaatkan AI hingga Bagaimana Pelaksanaan Transformasi Hijau?
 

Mampir ke Pameran Telkom

Selain booth UMKM, selama Digiland 2024 kita bisa bereksplorasi pada pameran produk dari Telkom Indonesia, seperti aku yang yang tidak sengaja mampir di booth Indibiz dan Indihome.

Di sana pengunjung dapat mengetahui inovasi produk terbaru apa saja dari perusahaan telekomunikasi raksasa pertama dan terlama yang telah setia melayani masyarakat Indonesia.

Kebetulan aku dan teman-teman dari komunitas Bisnis Muda merasakan sendiri berbagai aktivitas booth yang nggak kalah seru. Menurutku, booth yang paling menarik adalah Eduvice di booth EXIST for Change.

Kita sebagai pengunjung Digiland 2024 diajak untuk medonasikan produk elektronik bekas pakai yang sudah tidak terpakai, rusak, atau mati seperti hp, tab, laptop, TV atau alat elektronik lainnya.

Setiap pengunjung yang ingin berpartisipasi bisa menaruhnya di dalam kotak yang telah disediakan, lalu akan disortir atau dipilah oleh tim Eduvice. Nantinya, barang tersebut akan diperbaiki, kemudian disumbangkan untuk keperluan anak-anak sekolah di berbagai pelosok tanah air yang membutuhkan.

Eits, jangan lupa siap-siap bawa pulang merchandise edisi spesial Digiland 2024 lho. Nggak main-main jika beruntung, ada jam tangan kayu dari Pala Nusantara seharga ratusan ribu Rupiah. Selain itu tersedia e-money edisi EXIST for Change, t-shirt Telkom, Tumbler dan gantungan kunci.

 

Program Eduvice di booth EXIST for Change (dokpri)

Program Eduvice di booth EXIST for Change (dokpri)

Kemudian di sudut Tennis Indoor lainnya, pengunjung juga dapat mengunjungi booth IndiHome untuk mengikuti tantangan bertinju (challenge boxing) dan mengakses informasi seputar layanan IndiHome.


Ada pula booth Indibiz Experience yang menampilkan berbagai layanan Indibiz Finance dan Indibiz AI Photobooth. Selain itu mudah juga ditemukan pojok untuk foto dan video Ai di booth lainnya yang dapat digunakan untuk mengabadikan momen bersama dengan teman-teman dan keluarga.
 

 

 

Booth IndiBiz Experience (foto dokpri)

Booth IndiBiz Experience (foto dokpri)


Tidak ketinggalan di setiap perhelatan Digiland setiap tahunnya juga diadakan kompetisi lari yang dikenal dengan Digiland Run.

Digiland Run merupakan kompetisi lari yang terbuka untuk masyarakat umum dengan target peserta mencapai 10 ribu orang. Digiland Run 2024 akan menyajikan 3 kategori lomba, diantaranya 5K, 10K, dan 21K (Half Marathon). 

Tidak berhenti sampai di situ untuk internal Telkom sendiri juga mengadakan pertandingan e-sports yang diselenggarakan oleh anak usaha Telkom yang bergerak di bidang hiburan, yaitu Nuon. Pertandingan tersebut merupakan pertandingan untuk adu kemampuan (skill) satu sama lain pada game MLBB yang berlangsung antara MLBB Competition TelkomGroup, yaitu tim ETERNITY dan tim esports profesional, Kagendra.

Selain berbagai talkshow dari sesi konferensi dengan tema menarik dan inspiratif, pada acara Digiland Conference dan kompetisi e-sport serta lomba lari Digiland Run, Telkom juga meluncurkan wajah baru website Telkom secara resmi, www.telkom.co.id merupakan portal informasi utama perusahaan yang kredibel untuk diakses oleh masyarakat.

Sejalan dengan fokus bisnis Telkom yang saat ini berfokus pada segmen Business to Business (B2B).
Itu dia cerita pengalaman penulis selama berkunjung ke acara Digiland 2024.

Sejujurnya sedikit berbeda konsepnya dengan yang tahun lalu. Karena selain lokasinya juga yang berpindah tempat dari semula di Istora bergeser ke Tennis Indoor Senayan.

Tapi kalau boleh jujur tahun ini lebih seru dan terkonsep rapi acara dan tata letak booth-boothnya. Gimana be-mers tertarik nggak nih buat ikutan bergabung di event Digiland berikutnya?







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung