Ikut Bootcamp, Bisa jadi Investasi atau FOMO?

Like

Tips Memilih Lembaga Bootcamp

Sebelum memutuskan untuk mengikuti bootcamp, berikut beberapa tips untuk memilih bootcamp yang kredibel:

1. Akreditasi dan Lisensi

Sebelum memutuskan pastikan bootcamp memiliki akreditasi dari badan pendidikan atau organisasi profesional terkait. Hal ini untuk memastikan bahwa bootcamp tersebut telah memenuhi standar tertentu dalam kurikulum dan pengajaran.
 

2. Ulasan dan Testimoni

Cari ulasan dan testimoni dari alumni bootcamp. Hal ini untuk memperoleh gambaran jelas tentang kualitas bootcamp. Baik dari kualitas pengajaran, dukungan karier, dan hasil yang dicapai setelah menyelesaikan program.
 

3. Kurikulum

Ketahui dan Periksa dengan seksama kurikulum yang ditawarkan. Pastikan kurikulum tersebut mencakup materi dan teknologi terbaru.
 

4. Instruktur Berpengalaman

Bootcamp berkualitas pastinya memiliki instruktur yang berpengalaman dan kompeten di bidangnya. Instruktur yang memiliki pengalaman industri dapat memberikan wawasan praktis dan pengetahuan mendalam yang berguna bagi peserta.
 

5. Dukungan Karir

Bootcamp yang kredibel biasanya menawarkan layanan dukungan karier, seperti bantuan dalam mencari pekerjaan, penulisan resume, persiapan wawancara, dan jaringan profesional. Hal ini sangat penting untuk membantu peserta untuk memulai berkarier.
 

6. Jumlah Peserta dan Instruktur

Perhatikan jumlah peserta dan instruktur. Jumlah peserta yang sedikit memungkinkan instruktur memberikan perhatian lebih personal kepada setiap peserta, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Baca Juga: Transformasi Karir Lewat Bootcamp, Worth it Enggak sih?
 

7. Portofolio dan Proyek Nyata

Bootcamp yang baik biasanya menyertakan proyek nyata sebagai bagian dari kurikulum. Hal ini memungkinkan peserta untuk membangun portofolio yang dapat ditunjukkan kepada calon pemberi kerja.
 

8. Biaya dan Kebijakan Pembayaran

Pastikan ada opsi pembayaran yang fleksibel dan transparan. Sehingga peserta tidak terbebani oleh biaya yang mahal. Jika memungkinkan pilih pembayaran berbasis hasil (Income Share Agreement) yang memungkinkan peserta membayar biaya setelah mendapatkan pekerjaan.

 

9. Waktu dan Fleksibilitas Program

Hal yang tidak boleh dilupakan juga adalah pertimbangan durasi program dan fleksibilitas jadwal. Sesuai dengan ketersediaan waktu Be-emers. Baik itu program penuh waktu atau paruh waktu.
 

10. Penempatan Kerja

Cari tahu tentang tingkat penempatan kerja para lulusan bootcamp. Bootcamp yang kredibel biasanya memiliki tingkat penempatan kerja yang tinggi. Hal itu menunjukkan keberhasilan bootcamp dalam membantu lulusannya mendapatkan pekerjaan di bidang yang mereka pelajari.