Ikut Bootcamp, Bisa jadi Investasi atau FOMO?

Like

Hal yang Mesti Kamu Pertimbangkan Sebelum Ikut Bootcamp

Setelah mengetahui detail bootcamp langkah terakhir adalah mempertimbangkan untuk mengikuti atau tidak adalah dengan melihat ke potensi diri sendiri.

Seperti yang telah diketahui bahwa tujuan bootcamp adalah untuk mengisi kekurangan ketrampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Jadi, sebelum memutuskan untuk mengikuti bootcamp, sebaiknya Be-emers tanyakan dua hal berikut kepada diri sendiri.
  1. Apakah saya menyukai bidang ini?
  2. Apakah setelah lulus bootcamp saya menguasai keterampilan ini?

Baca Juga: Udah Ikutan Bootcamp? Ini 3 Tips Supaya Enggak Sia-Sia


Penyebab Bootcamp Kamu Enggak Maksimal

Setelah pertanyaan tersebut di atas terjawab, dan jawabannya positif. Langkah selanjutnya adalah memilih bootcamp yang kredibel. Sebab, banyak juga lulusan bootscamp tetapi ternyata tidak memenuhi standar keterampilan rekruter. Penyebabnya bisa terjadi karena dua hal:

1. Bootcamp yang tidak berkualitas

Hal tersebut bisa terjadi karena kualitas pengajaran, kurikulum, dan instruktur yang tidak memadai. Sehingga menyebabkan lulusan tidak mendapatkan keterampilan yang dijanjikan.
 

2. SDM peserta yang tidak kompeten

Peserta yang tidak memiliki dasar yang kuat di bidang tersebut (materi bootcamp) kemungkinan tidak bisa mengikuti materi pembelajaran dengan baik. Sehingga akhirnya ia tidak memiliki cukup keahlian dan ketrampilan setelah lulus.

Menurut platform diskusi yang saya baca salah satu dari Quora, ternyata tidak semua lulusan bootcamp memiliki keterampilan yang dibutuhkan oleh industri. Hal ini mungkin terjadi karena peserta memang tidak punya basis di bidang tersebut atau bootcamp yang diikuti tidak berkualitas.

Jadi, jika Be-emers hendak mengikuti bootcamp, pastikan untuk memilih bootcamp yang kredibel dan sesuai dengan keterampilan yang sudah dimiliki. Dengan begitu Be-emers tinggal memperdalam dan mengasah keterampilan tersebut. Sehingga biaya dan waktu yang dihabiskan untuk mengikuti bootcamp tidak sia-sia. Pada akhirnya mengikuti bootcamp benar-benar worth it untuk karir di masa depan. 


#Mon-FridayChallengeJuli







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung