Waspada Ketika Melamar Kerja, Awas jadi Korban TPPO!

Like

Terus kalau kerjaan itu dari luar negri, pertama kamu harus cek lembaganya apakah telah resmi terdaftar atau tidak lewat situs pemerintah bidang penyaluran tenaga kerja.

Kedua, kamu pastikan dulu prosedur dan dokumen administrasi kantor mereka seperti apa. Oya, jangan lupa cek aspek kebahasaan dalam setiap lembar prosedural dan dokumen semisal kontrak kerja.

Harusnya mereka menyediakan dalam bentuk bilingual, karena gak semua calon pekerja di negara itu mengerti bahasa ibunya.

Baca Juga: Aborsi Dilegalkan untuk Korban Pemerkosaan: Dampaknya dalam Aspek Sosial, Hukum, dan Medis

Terakhir, lakukan sesi konsultasi, koordinasi serta diskusi dengan alumni, akademisi, karyawan profesional, juga keluargamu biar gak kecolongan dan asal ngelamar tanpa tahu risikonya.  


Segitu dulu pesan dari hari peringatan anti TPPO kemarin guys. Ada yang mengalami hal yang sama? Atau punya masukan lain? Komen langsung yuk!











----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung