TPQ Darus Sholihin Implementasikan Go-Green Melalui Infak Masyarakat, Ini Manfaatnya!

Like

Manfaat Program Go Green bagi Anak-Anak, Guru, dan Masyarakat

1. Pendidikan Lingkungan Sejak Dini 

Melalui program ini nak-anak diajarkan pentingnya menjaga lingkungan melalui aksi nyata. Mengurangi sampah tak guna di sekitar tempat tinggal dan mendaur ulang barang-barang yang dapat diolah kembali. Hal ini bermanfaat juga untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan sejak dini.

 

2. Pembelajaran Nilai Berbagi 

Selain pelajaran lingkungan, anak-anak juga belajar tentang pentingnya berbagi. Hasil dari penjualan barang daur ulang digunakan untuk membantu yang membutuhkan, sehingga anak-anak memahami nilai empati dan kepedulian.
 

3. Pengembangan Keterampilan Praktis 

Melalui program ini anak-anak memperoleh keterampilan praktis dalam memilih dan memilah sampah yang masih bisa didaur ulang dan tidak.

 

4. Manfaat Ekonomi untuk Komunitas

Pada akhirnya hasil penjualan sampah daur ulang digunakan ini membantu dana pembangunan gedung TPQ yang bermanfaat untuk seluruh santri. Untuk ke depannya, jika pembangunan sudah selesai, dana tersebut dapat digunakan untuk kesejahteraan sosial masalah seperti santunan anak yatim, atau program anak asuh dll.

Baca Juga: Greenjob dan Ekonomi Hijau: Sinergi atau Masih Jauh dari Realisasi?

5. Mempererat Tali Silaturahmi

Melalui program go green ikatan antar anggota komunitas TPQ Darus Sholihin, baik anak-anak, guru, maupun masyarakat sekitar semakin terjalin. Karena adanya kegiatan kerja sama untuk satu tujuan mulia.

Dengan adanya program Go Green: Infak Berbasis Ekonomi Hijau untuk Lingkungan, TPQ Darus Sholihin tidak hanya berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.


Kegiatan ini merupakan contoh nyata bagaimana ajaran agama dapat diterapkan dalam upaya pelestarian lingkungan dan pengembangan ekonomi hijau.












----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung