Gaya Hidup Minimalis atau Pelit? Ini Bedanya, Guys!

Like

Bagaimana Membedakan Gaya Hidup Minimalis dan Pelit?

Jadi guys, ada beberapa poin yang membedakan mereka. Poin pertama, pelit adalah gaya hidup yang fokus pada angka dan harga. Selama ada harga yang murah orang pelit akan membelinya tanpa memikirkan kualitas barang  tersebut. 

Sedangkan minimalis sangat memikirkan value dan kualitas barang tersebut.

Poin kedua, minimalis dan pelit memang sama-sama suka menabung uangnya. Tapi, tujuan keduanya tentu berbeda. MInimalis menabung memiliki tujuan yang akan dicapai. Sedangkan pelit hanya meengumpulkan saja, bahkan enggan untuk digunakan. 
 

Tips Menjadi Minimalis Tanpa Menjadi Pelit

1. Tentukan prioritas

Buat daftar prioritas pengeluaran yang sesuai dengan nilai dan tujuan hidup kamu, hal ini membantu kalian belajar memanage uang kalian tanpa drama paylater. 
 

2. Fokus pada sesuatu yang kalian miliki

Menggunakan barang yang sudah ada, bukan berarti kita pelit terhadap diri sendiri. Kita tetap fokus pada value, tidak perlu melakukan upgrade baran tanpa ada urgensi. 
 

3. Investasi pada barang berkualitas

Sebagai seorang minimalis kita harus memikirkan kualitas. Membeli barang yang berkualitas dengan harga lebih mahal tapi sedikit lebih baik daripada membeli barang murah banyak tapi cepat rusak. 
 

4. Tanyakan pertanyaan ini pada kalian sebelum bertindak 

Apakah keputusan ini akan meningkatkan kualitas hidup saya?
Apakah saya menolak pengeluaran ini karena saya benar-benar tidak membutuhkannya, atau hanya karena ingin menghemat uang?


Jadi, guys, minimalis dan pelit itu sangat berbeda. Minimalisme adalah tentang memilih apa yang penting dan bermakna, sementara pelit hanya fokus untuk menghemat tanpa memikirkan kualitas hidup. Yuk, mulai hidup minimalis dan rasakan manfaatnya!

Coba deh, mulai evaluasi barang-barang di sekitarmu dan tanya pada diri sendiri, apakah ini benar-benar penting? Share pengalaman kalian di kolom komentar!
















----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung