Menanggapi Kekhawatiran Daycare, Ini yang Bisa Dilakukan Orang Tua!

Like

Ciri-Ciri Daycare yang Aman 

Be-emers, kasus yang terjadi belakang ini memang membuat banyak pihak merasa geram, terlebih para orang tua. Namun, kita juga tidak bisa mengesampingkan kebutuhan akan daycare itu sendiri. Maka dari itu, kita tetap harus waspada. Salah satunya dengan memilih daycare yang memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Lisensi dan Sertifikasi

Pastikan daycare memiliki lisensi dan sertifikasi resmi dari pihak berwenang. Hal ini sebagai jaminan bahwa daycare tersebut memenuhi standar operasional yang ditetapkan.
 

2. Staff yang Terlatih

Staff daycare harus memiliki kualifikasi dan pelatihan yang memadai dalam merawat anak-anak. Mereka juga harus memiliki sertifikat pertolongan pertama.
 

3. Rasio Pengasuh dan Anak

Pilih daycare dengan jumlah antara pengasuh dan anak seimbang. Idealnya, satu pengasuh tidak mengawasi banyak anak. Sehingga perhatian terhadap masing-masing anak bisa optimal.
 

4. Lingkungan yang Aman dan Bersih

Tak kalah penting mengenai tempat dan lingkungan Daycare. Daycare harus memiliki lingkungan yang aman, bersih, dan mendukung perkembangan anak. Seperti ruang bermain, area tidur, dan ruang belajar harus terjaga kebersihannya.
 

5. Program Edukasi yang Baik

Selain mengasuh, daycare juga sebaiknya memiliki program edukasi yang baik untuk merangsang perkembangan kognitif dan sosial anak.
 

6. Kebijakan Terbuka

Ciri menonjol dari daycare yang baik adalah memiliki kebijakan terbuka dan transparan. Salah satunya memberikan akses bagi orang tua untuk memantau kegiatan anak melalui CCTV atau kunjungan mendadak.

Baca Juga: Menitipkan Anak di Daycare, Langkah Aman untuk Orang Tua!
 

Langkah-langkah Menemukan Daycare yang Tepat

Be-emers, menemukan daycare yang ideal, aman dan terpercaya tidak bisa hanya berdasarkan informasi dari internet semata. Kita harus melakukannya sendiri yaitu dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Lakukan riset

Cari informasi sebanyak mungkin tentang daycare yang ada di sekitar. Baca ulasan, tanya kepada teman atau tetangga yang mungkin pernah menggunakan jasa daycare tersebut.
 

2. Kunjungi Langsung

Jangan hanya mengandalkan informasi dari internet atau kata orang. Kunjungi langsung daycare tersebut untuk melihat kondisi nyata dan berbicara dengan staff.

 

3. Tanya Program dan Kegiatan

Tanyakan program dan kegiatan apa saja yang ditawarkan daycare. Pastikan daycare memiliki kegiatan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak-anak kita.
 

4. Periksa Fasilitas

Pastikan juga fasilitas yang disediakan daycare aman dan mendukung perkembangan anak.
 

5. Tanya Kebijakan Pengawasan

Jangan lupa untuk menanyakan bagaimana daycare mengawasi anak-anak dan bagaimana mereka menangani situasi darurat.