Jangan Resign, Kalau Belum Menyiapkan 3 Hal Ini!

Like

2. Finansial

Aspek terpenting sebelum memutuskan resign adalah faktor keuangan. Semua orang bisa berhenti dari pekerjaannya dengan sejuta alasan yang ada, tetapi semua orang harus memilikinya tabungan untuk bertahan setelah kehilangan penghasilan tetap setiap bulannya.

Bahkan bentuk finansial ini jangan berupa tabungan tetapi bentuk investasi. Saya pribadi pernah melihat postingan seorang ibu yang resign dari pekerjaan tetapnya yang berstatus sebagai pegawai BUMN, tetapi ibu itu memutuskan untuk resign setelah dipastikan return dari reksadana yang dimiliki mampu memenuhi kebutuhan bulanan keluarganya.

Bahkan, yang sampai saat ini, si ibu masih terus melakukan pekerjaan sampingan sebagai affiliator dan konten kreator serta sering mengadakan giveaway di akun instagramnya untuk berbagi rejeki.

Jadi, pada intinya, keputusan untuk berhenti dari pekerjaan harus dipersiapkan dengan baik termasuk hal keuangan. Biasanya tiap bulan menerima pemasukan tetap yang jumlahnya sudah pasti, saat sudah tidak bekerja harus bersiap dengan ketidakpastian pemasukan.

Baca Juga: Galau Pengin Resign? Ingat Rezeki Bukan Hanya dari Gaji Saja




3. Strategi Kegiatan

Menambah wawasan sebelum memutuskan untuk resign merupakan langkah cerdas yang bisa be-emers lakukan.

Menambah wawasan bisa juga dapat diartikan dengan menambah skill baru yang diminati selama ini. Misalnya, saat ini be-emers adalah pekerja kantoran yang berkutat dengan Microsoft Office, tetapi memiliki minat di bidang desain grafis, maka mulai saat ini bisa menambah skill mengenai segala sesuatu tenang desain grafis.

Atau bahkan, saat ini be-emers sudah menjabat sebagai jajaran pimpinan dalam perusahaan, tetapi karena tekanan yang begitu besar be-emers ingin berhenti kerja, be-emers yang sebenarnya memiliki minat pada bidang fashion, maka bisa saja di sela-sela waktu bekerja mengikuti zoom meeting yang terkait bidangnya. Jadi, persiapan ilmu juga merupakan hal yang penting yah, be-emers.

Demikian 3 hal yang wajib dipersiapkan oleh be-emers yang memiliki keinginan untuk berhenti dari pekerjaan yang sudah dilakukan bertahun-tahun. Mulai dari mental yang kuat dan tidak mudah goyah, finansial berupa investasi, baik berupa saham maupun rekasadan dan sebagainya.

Terakhir, strategi kedepannya dengan memperdalam skill yang selama ini diminati. Good luck, be-emers!













----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung