Penyebab Bank Keliling Diminati Kalangan Bawah, Ini 2 Alasannya!

Bank keliling begitu diminati kalangan menengah bawah, berikut 2 alasannya (sumber gambar: freepik)

Bank keliling begitu diminati kalangan menengah bawah, berikut 2 alasannya (sumber gambar: freepik)

Like

Dalam istilah bahasa jawa, bank yang keliling disebut bank titil. Ada banyak istilah lain sebenarnya, tergantung daerah masing-masing.

Meskipun saat ini masyarakat sudah banyak yang melek teknologi dan informasi, ternyata keberadaan pinjaman online tidak dapat menggantikan bank keliling, terutama di masyarakat dusun yang jauh dari sentuhan teknologi.

Bahkan, meskipun pinjol sudah masuk dalam wilayah mereka, tetap menggunakan bank keliling sebagai solusi saat membutuhkan dana cepat baik untuk usaha kecil-kecilan maupun untuk kebutuhan sehari-hari khususnya masyarakat kalangan menengah kebawah.

Penawaran door to door masih mengena di hati beberapa masyarakat kita, sehingga bank keliling tidak kehilangan pamor sepenuhnya saat era pinjol merajalela.

Baca Juga: Sebelum Pinjam Bank Keliling, Ketahui Dulu 6 Dampak Buruknya!


Untuk menyamakan persepsi terlebih dahulu, pengertian bank keliling sendiri merupakan orang perorangan/badan usaha yang memperoleh dana dari investor dan meminjamkan kembali pada masyarakat dengan metode dari rumah ke rumah, pengertian tersebut dilansir dari website hukumonline.com, sehingga disini dapat dikatakan, ada bank keliling yang berbadan hukum tetapi lebih banyak yang tidak berbadan hukum, apalagi milik perorangan, sehingga tidak terawasi oleh OJK.


Kenapa Bank Keliling Laris di Kalangan Menengah?

Lantas, apa yang menyebabkan masyarakat kalangan menengah kebawah masih memilih bank keliling sebagai kebutuhan modal?

1. Proses Pencairan Sangat Cepat

Bank keliling biasanya membutuhkan waktu yang relatif singkat saat proses pencairan. Hanya butuh beberapa hari saja dana bisa diterima dengan prosedur yang sangat mudah. Hal ini tentu berbeda dengan bank konvesnsional yang seringkali membutuhkan survey terlebih dahulu untuk proses pencairannya.