Ingin Memulai Startup? Kenali Dulu Apa Itu Investor!

Apa itu investor (Format:pixabay.com)

Apa itu investor (Format:pixabay.com)

Like

Di jaman sekarang, ada banyak sekali cara yang dilakukan untuk menghasilkan uang. Bahkan banyak perusahaan juga mulai mencari investor ketika tidak memiliki cukup modal.

Investor memiliki peran untuk menginvestasikan dana yang mereka miliki kepada usaha yang diinginkan. Pasalnya, usaha pastinya akan membutuhkan dana untuk memulai bisnisnya.

Dalam ulasan kali ini, akan dibahas lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan investor? Sehingga, nantinya kamu pun menjadi lebih tahu mengenai seluk beluk investor dan perannya di dalam perusahaan. Simak selengkapnya.


Apa Itu Investor?

Investor merupakan seseorang yang memiliki peran sebagai penunjang bisnis yang sedang kamu jalani. Banyak pemilik usaha yang mencari dan membutuhkan suntikan dana guna keberlangsungan usahanya.

Tentu saja, dana yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Untuk itu, apabila kamu hanya memiliki modal dalam jumlah yang tidak banyak, maka kamu pun bisa mencari investor untuk memulai usaha tersebut.

Dengan adanya investor, maka usaha yang kamu jalankan akan lebih maksimal. Karena kamu memiliki dana lebih untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalankan.



Hal Yang Menjadi Pertimbangan Investor

Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan investor, maka kamu pun juga perlu tahu alasan mengapa para investor ingin menginvestasikan modalnya. Untuk itu, kamu pun perlu memberikan keyakinan agar para investor tersebut tertarik untuk mengucurkan dana.

Ada banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi investor ketika ingin berinvestasi. Hal ini dikarenakan investor ingin keuntungan yang besar dan juga menjanjikan di masa depan.

Dengan begitu, ia pun tidak akan rugi ketika menginvestasikan uangnya kepada usaha kamu. Tak heran, bila kamu ingin mengajukan modal, maka kamu pun perlu untuk membuat proposal maupun rincian keuangan dan prospek yang menjanjikan di masa depan.

Para investor biasanya akan melihat kepribadian seseorang. Hal ini dikarenaan menjadi tolak ukur bagi mereka untuk mau menanamkan modal bagi bisnis yang kamu jalani.

Sehingga, tak hanya memahami apa yang dimaksud dengan investor sebagai penanam modal saja. Akan tetapi, kamu pun juga perlu memahami hal yang menjadi pertimbangan agar investor ingin menyuntikkan dana untuk usaha kamu.


Cara Bekerja Investor

Untuk cara bekerja dari investor ini pun juga perlu untuk kamu ketahui. Pasalnya, investor bukanlah sekelompok orang yang sama. Melainkan, ia memiliki beragam gaya, risiko, modal dan kerangka waktu.

Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa investor yang memiliki keinginan untuk berinvestasi dalam bisnis yang memiliki risiko rendah. Biasanya akan mengarah pada keuntungan yang konservatif, seperti deposito.

Namun, ada pula investor lain yang cenderung memiliki risiko yang tinggi. Sebut saja, bagi mereka yang suka untuk berinvestasi pada pasar saham ataupun dalam mata uang.

Investor dengan jenis satu ini akan memiliki nilai keuntungan yang fluktuatif. Hal ini dikarenakan mereka bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi, namun juga bisa terjerembab pada kerugian yang besar.


Investor Pasif

Tak hanya tahu apa yang dimaksud dengan investor, maka kamu pun juga perlu tahu mengenai investor pasif. Jenis investor satu ini biasanya akan cenderung membeli dan menaham indeks pasar.

Contohnya adalah investor yang berusaha untuk membeli saham dengan harga saham yang rendah. Investasi jenis satu ini pun menjadi banyak diminati dan diharapkan mampu untuk menyalip strategi yang digunakan oleh investor aktif.

Untuk itu, dengan mengetahui sekilas yang dimaksud dengan investor, maka akan bisa membuka gambaran untuk kamu. Dengan begitu, bagi kamu yang tertarik pada bidang investasi akan mampu untuk menentukan setelah tahu pengertian dari investor.

Nah, gimana? Untuk para startup mulailah membenahi kosntruksi keuangan hingga struktur kepemimpinanmu juga, ya!

Tentu saja investor tidak akan tanggung-tanggung berinvestasi pada usahamu, jika kamu benar-benar memperlihatkan potensi yang kamu miliki.

Selamat mencoba dan jangan lupa dapatkan informasi dan berita update selalu tentang Startup di Bisnis Muda.