Kreativitas di Masa Pandemi

Kreatifitas tanpa batas !!! (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)

Kreatifitas tanpa batas !!! (Sumber gambar: Dokumen Pribadi)

Like

Berdiam diri di rumah mungkin membuat kita bingung. Apa yang harus kita lakukan?

Apa yang harus kita lakukan untuk mengisi waktu luang dan menghilangkan rasa jenuh serta bosan? Bagaimana cara mengisi dan menikmati masa-masa karantina selama masa pandemi Covid 19 ini?

Masa karantina karena Covid 19 ini adalah salah satu momen berharga yang sangat langka. Kenapa? Karena, ada banyak waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Kita bisa berkumpul dengan keluarga, melakukan berbagai aktivitas secara bersama.

Kesibukan yang biasanya menjadi penghalang quality time bersama keluarga, kini tidak akan menjadi masalah. Quality time bersama keluarga dapat dimaksimalkan.

Hal lain yang dapat kita lakukan adalah melakukan berbagai hal-hal yang kita sukai. Berfokus pada hobi favorit kita. Jika kita tidak dapat melakukan hal-hal yang biasanya kita sukai karena terbatas ruang, maka kita dapat melakukan penyesuaian sehingga kita dapat tetap melakukannya.

Mencoba dan mempelajari sesuatu hal yang baru juga dapat kita lakukan. Ada banyak tutorial, kursus online gratis, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang patut dicoba.


Banyak sedikitnya kegiatan-kegiatan tersebut akan memberikan pengetahuan dan pembelajaran baru. Tentu akan sangat berharga, apalagi kita dapat memperoleh berbagai keterampilan dan keahlian yang juga dapat kita terapkan seusai pandemi ini.

Dewi Andriani, dikutip dari Bisnis.com, mengatakan, “mempelajari keterampilan baru dan mengasah kemampuan selama pandemi Covid-19 ini, sangat diperlukan untuk membantu para professional mengembangkan keterampilan yang bermanfaat di masa depan”.

Hal serupa juga dilakukan penulis. For Your Information, penulis adalah seorang mahasiswa Psikologi semester dua Universitas Andalas.

Pada awalnya, masa-masa karantina tidak terasa membosankan, karena ada kewajiban sebagai mahasiswa yang tetap harus dilakukan. Akan tetapi, ketika proses pembelajaran dan ujian telah selesai, kemudian masa liburan telah datang rasa bosan seketika muncul.

“Apa yang harus saya lakukan untuk mengisi kebosanan ini?” begitulah yang dipikir penulis.
Scrooling-scrooling Instagram? Baca koleksi novel? Nonton koleksi film favorit? Tentu saja hal itu dilakukan penulis.

Tapi hal tersebut hanya berlangsung di beberapa hari pertama. Hari-hari berikutnya ada rasa bosan dan jenuh. Rasanya kegiatan-kegiatan tersebut harus dapat dikembangkan lagi, digantikan dengan kegiatan lain yang lebih tampak dan terlihat bentuknya.

Menanam berbagai jenis tanaman. Dengan memanfaatkan lahan kosong disamping rumah dan beberapa ember bekas yang bocor, penulis dapat menanam beberapa macam jenis tanaman. Ada bunga dan beberapa termasuk dalam jenis olahan dapur.

Ada sayur-sayuran yang dapat diolah sebagai lauk pauk. Beberapa juga dapat dijadikan bahan bumbu masakan.

Tempat-tempat yang sebelumnya kosong kini menjadi terurus. Ada berbagai warna yang menghiasinya. Tidak lagi monoton, kini tampak lebih indah dan menarik. Beruntung penulis menemukan beberapa postingan instagram tentang penanaman tumbuhan yang menjadi inspirasi.

Aktifitas lain yang dilakukan penulis adalah melukis. Kebetulan melukis adalah salah satu hobi yang dimiliki penulis. ketika melukis penulis merasakan perasaan rileks, tenang, dan nyaman. rasanya perasaan was-was, khawatir, dan cemas hilang seketika.

Ditulis oleh Nirmala Aninda, dalam laman Bisnis.com, bahwa terapi seni adalah terapi yang berdasar terhadap gagasan kreatif yang dapat memberikan efek penyembuhan dan kesejahteraan mental.

Bagi penulis, melukis adalah terapi seni tersendiri yang dapat meningkatkan kesehatan mental, apalagi di tengah-tengan ancaman penyebaran Covid 19 ini.

Hal lain yang dilakukan penulis adalah mengikuti berbagai lomba menulis. Menulis adalah salah satu hobi yang dimiliki penulis, baik itu cerpen, puisi, essay, ataupun berbagai macam bentuk penulisan lainnya.

Terutama yang bersifat gratis. Penulis akan semakin bersemangat dalam mengikuti lomba menulis tersebut. Is that normal? I hope yaa.

Menang atau tidak, menjadi urusan belakangan, yang sangat disadari penulis adalah dengan menyalurkan hobi kepenulisan penulis, penulis menjadi lebih rileks, dapat mengekpresikan apa yang penulis rasakan, dan dapat menyalurkan apa yang dipikirkan penulis. Di samping itu, penulis juga dapat mengasah kemampuan menulis penulis yang tentu akan bermanfaat dalam kehidupan mendatang.

Hal-hal di atas yang dilakukan penulis hanyalah beberapa hal dari sekian banyaknya aktivitas kreatif. Setiap orang tentu dapat melakukan hal yang sama. Beraktivitas dengan menyesuaikannya terhadap hobi. Tidak perlu hal yang rumit, tapi cukup hal sederhana yang menimbulkan rasa nyaman dan bahagia apalagi dalam keadaan dunia yang tidak stabil ini.

Sumber referensi :
Bagi Pekerja, Ini Keterampilan yang Perlu Diasah Selama New Normal (Dewi Andriani -Bisnis.com)

Seni sebagai Media Terapeutik (Nirmala Aninda - Bisnis.com)

#youngcompetitionbisnismudaid #bisnismuda #bangkitdaripandemi