Fresh Graduate Pengin Cepat Dapat Kerja? 5 Langkah yang Mesti Dipersiapkan

Like

2. Memiliki Pekerjaan Sampingan

Selain sebagai tambahan uang saku, memiliki pekerjaan sampingan bagi pelajar atau mahasiswa merupakan nilai plus saat benar-benar sudah memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.

Susahnya mencari uang dengan pekerjaan sampingan, membuat be-emers lebih menghargai uang yang sudah dihasilkan, lebih bijak dalam mengelola serta bisa investasi sejak dini.

 

3. Kuasai Satu Dua Skill Kekinian

Skill kekinian bisa beraneka macam dijumpai saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, banyak skill yang bisa dipelajari secara otodidak, seperti desain grafis dengan dukungan aplikasi canva.

Skill menulis atau story telling juga bisa dipelajari oleh calon "fresh graduated" agar nantinya, HRD bisa melirik skill tersebut. Selain dua contoh diatas, kira-kira apalagi nih be-emers yang bisa dipelajari sebagai skill?

 

4. Bersosialisasi atau Perbanyak Teman

Jangan pernah ragu untuk memulai percakapan dengan orang lain, tidak perlu takut untuk small talk dengan orang yang dijumpai. Kita tidak pernah tahu, nasib 5 tahun, 10 tahun, bahkan 15 tahun kedepan seseorang seperti apa.


Bisa saja, ngobrolnya be-emers dengan seseorang bisa membawa dampak yang besar kedepannya.

Baca Juga: Freshgraduate Pengin Cepat Dapat Kerja? Ini Strateginya!

 

5. Belajar dengan Sungguh-sungguh

Sudah diketahui oleh setiap orang, bahwa tugas pelajar atau mahasiswa adalah belajar, mengerjakan tugas dengan maksimal serta hal lain yang berkaitan dengan pembelajaran.

Perlu diingat, bahwa inilah tugas utama seorang mahasiswa atau pelajar dalam menciptakan masa depan yang gemilang. Jangan sampai, mengejar poin-poin yang telah disebutkan diatas sampai meninggalkan tugas sebagai pelajar atau mahasiswa. Jangan ya dek ya !

Demikian lima hal yang patut dipersiapkan dan dilakukan oleh seorang calon "fresh graduated" agar saat mengikuti rekrutmen bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh HRD.

Bahkan, poin yang disebutkan diatas meskipun seorang "fresh graduated" adalah ASN, maka menjadikannya lebih mudah untuk melakukan pekerjaannya. Jadi, be-emers ada yang masih sekolah atau kuliah gak nih? Cobain yuk, tips diatas. Semoga bermanfaat yah.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung