Catet! Tips Financial Freedom Sebelum Umur 30 Tahun yang Mesti Kamu Terapkan

Like

4. Cari Penghasilan Tambahan

Kalau kamu cuma mengandalkan satu sumber penghasilan, mencapai finansial freedom bisa jadi tantangan besar. Coba deh mulai cari peluang buat nambahin penghasilan.

Bisa dari freelance, bisnis kecil-kecilan, atau investasi di skill yang bisa kamu jual. Zaman sekarang, peluang banyak banget, tinggal gimana kamu jeli melihat dan memanfaatkannya.

 

5. Punya Mental ‘Growth’

Mentalitas juga penting, lho! Kamu harus punya mental ‘growth’ atau terus berkembang. Jangan pernah puas sama penghasilan atau pencapaian yang udah kamu raih.

Terus cari cara buat belajar hal baru, upgrade skill, dan nggak takut ambil risiko yang terukur. Dengan begitu, kamu bisa terus maju dan nggak stuck di zona nyaman.

Baca Juga: Pengin Bisa Financial Freedom Sebelum Umur 30? Ini yang Bisa Kamu Lakukan!


 

6. Jangan Lupa Nikmati Prosesnya

Terakhir, jangan lupa buat nikmati perjalanan menuju finansial freedom. Hidup nggak cuma soal uang, tapi gimana kamu bisa meraih kebahagiaan dengan cara yang sehat.

Jadi, jangan terlalu keras sama diri sendiri, sesekali reward diri kamu kalau udah mencapai target tertentu. Yang penting, balance antara kerja keras dan menikmati hidup.

Mencapai finansial freedom di bawah umur 30 emang nggak gampang, tapi bukan berarti nggak mungkin. Kuncinya adalah disiplin, terus belajar, dan punya mindset yang tepat.

Jadi, ayo mulai sekarang, catet semua tips di atas dan mulai langkah kamu menuju kebebasan finansial! Siapa tahu, di usia 30 nanti, kamu udah bisa pensiun dini dan fokus ke passion atau hal-hal yang kamu cintai.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung