Ingin Bebas Secara Finansial Sebelum Umur 30? Ini Tipsnya!

Mencapai financial freedom dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut Ilustrasi (Dokumentasi Pribadi)

Mencapai financial freedom dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut Ilustrasi (Dokumentasi Pribadi)

Like

Di dunia keuangan, istilah “financial freedom” atau kebebasan finansial sering sekali menjadi pokok perbincangan. Bahkan sering sekali menjadi impian banyak orang.

Sesungguhnya, apakah yang dimaksud dengan financial freedom tersebut?

Financial freedom itu merupakan keadaan seseorang yang memiliki sumber daya finansial, yang dapat memenuhi kebutuhan hidup dan tujuan seseorang. Hal itu diharapkan tanpa menggantungkan diri pada pekerjaan aktif atau penghasilan yang rutin.

Untuk mewujudkan hal itu, tentu bukan sesuatu yang instan, atau diperoleh dengan cara “bimsalabim”.

Finansial freedom tidak diwujudkan dalam waktu semalam. Butuh proses dan waktu. Bahkan bisa dibilang, bahwa hal itu butuh perencanaan yang matang, mengelola keuangan dengan tepat, serta investasi yang bijak.


Nah, bagi Anda yang berencana untuk mewujudkannya sebelum usia 30 tahun ada baiknya mulai memikirkan strategi dan cara yang baik dan tepat.

Baca Juga: Pengin Capai Financial Freedom Sebelum Umur 30 Tahun, Kenapa Enggak?

Misalnya, mulailah menetapkan tujuan keuangan yang jelas. Baik itu tujuan keuangan yang ingin dicapai dalam jangka waktu yang pendek, menengah, dan panjang. Tentunya semua itu harus dilakukan dengan cara yang “SMART”.
 

Mencapai Financial Freedom dengan Metode SMART

Sudah pernah dengar istilah SMART?

Ada yang berkata bahwa SMART itu adalah singkatan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time Bound. Artinya menetapkan tujuan keuangan tersebut harus dilakukan dengan cara yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan ada batas waktu tertentu.