Bapak Proklamator yang jadi Pahlawan Favoritku di Momen 17an

Like

Pengaruh Bung Karno dalam Kemerdekaan Indonesia

Selain kepemimpinan yang kuat, Bung Karno juga memiliki pengaruh yang kuat. Melalui kemampuannya berbicara dan berorasi, mampu menginspirasi dan memotivasi rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan dan membangkitkan semangat nasionalisme.

Dengan pengaruh itu, tidak sedikit kepercayaan yang diberikan kepada Bung Karno pada masa pendudukan Jepang, seperti menumbuhkan nasionalisme dan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Pahlawan Favoritku, Tan Malaka: Bapak Republik yang Terlupakan

Setidaknya masa pendudukan Jepang dia banyak berperan menumbuhkan nasionalisme melalui organisasi Pusat Tenaga rakyat (PUTERA), turut menggagasi dan melahirkan ideologi bangsa, yakni Pancasila, melalui Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indononesia (BPUPKI) serta menjadi ketua Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang didampingi Drs. M.Hatta sebagai wakil ketuanya.

Puncaknya, Bung Karno pun tampil gagah untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, tepatnya 17 Agustus 1945.


Sahabat Be-emers, mari kita kembali mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan serta upaya mengisi kemerdekaan tersebut. Ingat, jangan pernah lupakan sejarah. Jasmerah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Begitu kata Bung Karno.

#Mon-FridayKemerdekaan 








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung