Bisnisku Masih Pemula, Haruskah Segera Mendaftar Trademark?

Like

6. Strategi Diversifikasi

Pertimbangkan juga untuk diversifikasi produk atau layanan di bawah merek yang sama untuk meningkatkan daya tahan merek terhadap fluktuasi pasar.
 

7. Konsistensi dan Komitmen

Agar merek diterima pelanggan maka kita harus memastikan konsisten dalam menyampaikan pesan merek dan nilai-nilai inti. Hal ini akan membantu membangun identitas yang kuat dan diakui oleh pasar dalam jangka panjang.

Hal yang tak kalah penting lagi adalah kita harus menjaga kualitas produk atau layanan. Komitmen kita terhadap kualitas akan sangat berpengaruh terhadap reputasi dan prospek merek jangka panjang.
 

8. Konsultasi dengan Ahli Hukum

Jika memungkinkan berkonsultasilah dengan pengacara atau ahli hukum yang berpengalaman dalam pendaftaran trademark untuk mendapatkan saran dan memastikan proses berjalan lancar. Jika tidak, bisa minta pertimbangan teman dan saudara yang telah lebih dahulu melakukan hal tersebut.

Baca Juga: Pentingnya Memiliki Trademark untuk Bisnis UMKM, Kenapa ya?
 

9. Proses Pendaftaran

Carilah sebanyak mungkin informasi untuk melakukan proses pendaftaran trademark agar sesuai dengan peraturan yang berlaku di negara kita. Salah satunya dengan pengisian formulir pendaftaran, pembayaran biaya, dan menunggu proses persetujuan.

Dengan melakukan hal-hal tersebut di atas semoga dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang prospek jangka panjang trademark. Sehingga di kemudian hari tidak ada penyesalan telah mendaftarkan merek tersebut. Keberhasilan merek dalam jangka panjang biasanya juga tergantung pada kombinasi inovasi, adaptasi, manajemen yang baik, dan respons yang efektif terhadap perubahan pasar.


Be-emers, pendaftaran trademark adalah langkah penting dalam membangun identitas dan perlindungan usaha. Dengan melakukan penelitian yang cermat dan mengikuti langkah-langkah sebelum melakukan pendaftaran trademark, semoga dapat mengatasi kebimbangan dalam mengawali usaha. Sehingga Be-emers lebih percaya diri dalam menentukan langkah ke depannya. Salam sukses.

#Mon-FridayChallaengeKemerdekaan










----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung