Bisnisku Masih Pemula, Haruskah Segera Mendaftar Trademark?

Like

Apa yang Terjadi Jika Trademark Tidak Hoki?

Seperti yang disinggung sebelumnya, banyak pemula khawatir jika trademark yang didaftarkan ternyata tidak sukses atau populer.

Karena itu kita harus melihat prospek jangka panjang trademark (merek dagang) yang akan kita gunakan. Untuk itu kita harus melakukan evaluasi berbagai aspek terhadap hal-hal yang dapat mempengaruhi nilai dan kekuatan merek. 

Namun, sebenarnya jika ternyata merek yang didaftarkan ternyata terasa tidak hoki. Kita bisa membatalkannya, meskipun ada biaya tertentu. 

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, berikut adalah langkah-langkah yang bisa diambil agar trademark yang dipilih tepat:

1. Analisis Pasar

Kita harus melakukan tinjau terhadap industri atau pasar tempat merek kita beroperasi. Apakah memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang atau tidak?

Merek yang beroperasi di industri dengan prospek pertumbuhan tinggi lebih cenderung memiliki potensi yang lebih baik.


Selain itu kita harus mempelajari tren konsumen dan perubahan perilaku pasar. Jik merek yang digunakan selaras dengan tren positif dan mampu beradaptasi dengan perubahan, kemungkinan akan sukses dalam jangka panjang.
 

2. Diferensiasi dan Keunikan

Sebelum mendapatkan, lakukan evaluasi seberapa kuat branding dan identitas merek yang akan kita gunakan. Cobalah membandingkan dengan pesaing. Merek yang unik dan mudah dikenali biasanya memiliki prospek yang lebih baik.
 

3. Keunggulan Kompetitif

Lakukan identifikasi dan temukan keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh merek yang akan digunakan. Merek yang memiliki keunggulan kompetitif akan sulit ditiru oleh pesaing dan kemungkinan akan lebih tahan lama.

Baca Juga: Pentingnya Trademark untuk Bisnis, Ini Cara Mendaftarnya!
 

4. Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan

Reputasi Merek sangat penting, maka dari itu lakukan tinjauan kepuasan pelanggan dan loyalitas terhadap merek atau produk kita.

Jika memiliki reputasi baik dan basis pelanggan yang loyal, itu artinya merek kita memiliki prospek jangka panjang yang lebih cerah. Kita bisa menilai hal tersebut dengan menganalisis ulasan dan feedback dari pelanggan. 
 

5. Kemampuan Inovasi

Perlu digarisbawahi Be-emers, merek yang mampu berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan teknologi, regulasi, dan kebutuhan pasar memiliki prospek yang jauh lebih baik.

Maka dari itu kita juga perlu melakukan evaluasi kemampuan merek kita sehingga ke depannya kita bisa berinovasi dan mengembangkan produk kita. Selanjutnya kita harus mengelola portofolio merek dengan baik. Salah satunya dengan memperbarui pendaftaran dan melindungi hak-hak kekayaan intelektual lainnya terkait dengan merek.