Keuangan Tidak Stabil Selama Pandemi? Yuk Lakukan Tips Berikut!

Ilustrasi uang (Sumber : https://indonesia.go.id/layanan/keuangan/ekonomi/penukaran-uang-tidak-layak-edar#:~:text=setempat atau pada waktu kegiatan kas keliling Bank Indonesia, dan)

Ilustrasi uang (Sumber : https://indonesia.go.id/layanan/keuangan/ekonomi/penukaran-uang-tidak-layak-edar#:~:text=setempat atau pada waktu kegiatan kas keliling Bank Indonesia, dan)

Like
Pandemi covid-19 ini memang membawa banyak dampak di berbagai bidang, khususnya di bidang ekonomi dan keuangan. Banyak pekerja yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) karena perusahaan sudah tidak mampu lagi membayar gaji karyawan, produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan banyak yang tidak laku sehingga menyebabkan kerugian.
 
Para pekerja yang terkena PHK tersebut pasti bingung mencari pekerjaan kesana kemari demi menghidupi keluarganya. Kebutuhan di masa pandemi justru meningkat seiring bertambahnya kebutuhan new normal kit, harus membeli masker, hand sanitizer, tisu, dan lain sebagainya.
 
Apalagi saat awal munculnya pandemi ini, harga masker dan hand sanitizer melonjak sangat tinggi. Seperti yang dikutip dalam artikel lain bahwa harga kebutuhan bahan pokok masyarakat dilaporkan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, seperti halnya untuk komoditi bawang merah dan kebutuhan lainnya. Hal ini tentunya menjadi beban berat bagi masyarakat yang ikut terdampak Covid-19. 

Lantas bagaimana kita dapat mengatur keuangan sebaik mungkin di masa pandemi??

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keuangan kita tetap stabil di masa pandemi ini, antara lain :

  1. List kebutuhan pokok yang sangat diperlukan, seperti sembako
  2. Jangan membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, seperti baju, sepatu, makanan selain makanan pokok
  3. Buat perbandingan setiap kali mengeluarkan uang, apakah bulan ini pengeluaran lebih banyak dari bulan lalu
  4. Membeli barang di toko yang lebih murah, misalnya kita ingin membeli tisu maka kita pilih produk tisu yang harganya paling murah namun dengan kualitas yang masih bagus
  5. Jangan membeli barang-barang yang hanya sekali pakai
Selain memperhatikan kelima hal di atas, kalian juga bisa mencari uang tambahan dengan membuka bisnis sampingan baru yang saat ini sedang gencar-gencarnya berkembang pesat.
 
Namun pastikan bahwa bisnis atau usaha yang akan dilakukan dapat bersaing. Mau tahu tips bagaimana agar bisnis kalian dapat bersaing? Yuk cek artikel berikut .