Gen Z Kurang Berminat jadi PNS, Ini Sebab-Sebabnya!

Pengangkatan PNS dilakukan melalui serangkaian ujian. Sumber gambar: koleksi pribadi

Like

Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pegawai yang berasal dari setiap warga negara Republik Indonesia, yang telah memenuhi syarat untuk diangkat oleh pejabat yang berwenang, dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negara, digaji berdasarkan peraturan undang-undang.

 
 

Minat Gen Z terhadap PNS Turun?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada tanggal 04 September 2024 menginformasikan bahwa dari 2.718.663 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang disediakan, hanya ada 952.581 yang sudah mengumpulkan berkas dan submit. Ini berarti masih ada sisa formasi sebesar 1.766.082.
 
Meskipun, terlalu dini untuk mengambil kesimpulan, namun berdasarkan data di atas cukup menunjukkan bahwa lebih banyak formasi CPNS daripada peminat yang mendaftar.

Yang ini menunjukkan bahwa CPNS saat ini mungkin tidak sepopuler daripada tahun-tahun sebelumnya.


Baca Juga: Jadi CPNS atau Kerja di Swasta? Gen Z Wajib Pertimbangkan
 
 

Penyebab Turunnya Minat Gen Z terhadap PNS

1. Isu utama adalah uang. Penyebab utama generasi sebelum Gen Z memilih karir adalah uang. PNS dulu dianggap sebagai karir yang paling stabil finansialnya, karena beberapa alasan antara lain adanya gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan umum, tunjangan anak, tunjangan istri, dan lain-lain. 
 
Namun dari beberapa Gen Z yang tidak tertarik dengan PNS dan diwawancarai menyatakan bahwa gaji PNS dianggap kecil, tunjangan yang diterima dianggap tidak sesuai, apalagi Gen Z tersebut sudah mendapat pekerjaan atau tawaran pekerjaan yang lebih menjanjikan
 
2. Status sosial. Status sosial memang masih dipertimbangkan di masyarakat. Masih banyak masyarakat yang memandang PNS adalah orang yang memiliki pengaruh, orang yang layak dihormati, didahulukan kepentingannya, sering dimintai pendapat, sering dimintai saran dan pendapat, dan bahkan sering “dituakan”. Dan memang sampai sekarang itu masih terjadi di banyak tempat. PNS seringkali lebih didahulukan daripada orang yang punya uang tetapi tidak memiliki jabatan. Oleh karena itu, bagi generasi terdahulu, karir PNS lebih dipilih daripada karir yang lain.
 
Rasa prestisius PNS juga disebabkan karena proses seleksi PNS yang dianggap sulit yang dibuktikan dengan banyaknya pelamar, dan di saat yang bersamaan banyak juga yang tidak diterima. 
 
Namun kembali lagi saat ini, generasi sekarang lebih memilih finansial yang aman daripada status sosial.
 
3. Kestabilan finansial. Tidak seperti pekerja swasta, PNS lebih stabil dari ancaman PHK, kecuali melakukan pelanggaran yang sangat berat. PNS juga memiliki jaminan dana pensiun dan adanya asuransi kesehatan. Inilah yang menyebabkan generasi terdahulu sangat menginginkan karir PNS.