Keuntungan Kerja PNS, Ini Kelebihanya Dibanding Sektor Lain

berkarier menjadi PNS menjadi pilihan bagi sebagian orang (sumber gambar:Bisniscom)

Like

Di tahun 2024 ini seleksi CPNS dibuka Kembali, berbagai kementerian, lembaga negara sampai dengan pemerintah daerah membuka berbagai lowongan yang dapat kamu coba untuk daftar.

Sebanyak lebih dari dua juta pelamar telah mendaftar CPNS tahun ini. Banyaknya pelamar menandakan bahwa CPNS masih menjadi incaran generasi muda terutama generasi Z untuk berkarier selain berkarir di swasta.

Apa sih yang diincar generasi Z dari pekerjaan sebagai PNS? Apakah dari segi pendapatan yang menggiurkan?
 

PNS yang Memiliki Pendapatan Menjanjikan

1. Kementerian Keuangan

PNS dengan pendapatan tertinggi berada di Kementerian Keuangan. Bila kamu mendaftar dan diterima di kementerian ini kamu bisa menerima pendapatan sebesar dua digit


2. Kementerian Sekretaris Negara

hal yang wajar jika kementerian ini menempati urutan kedua, sesuai fungsinya kementerian ini menjalankan fungsi dan membantu tugas presiden dalam menjalankan pemerintahan.
 

3. Kementerian Luar Negeri

Jika kamu menjadi Diplomat Indonesia yang berdinas di luar negeri maka pendapatanmu akan menyesuaikan dengan negara kamu berdinas dan dalam mata uang asing. Tentu saja jika kurs mata asing menguat otomatis pendapatanmu juga meningkat.
 
Pendapatan PNS berbeda dengan pendapatan di sektor swasta. Bila di swasta ada gaji dan bonus maka di PNS mengenal gaji pokok dan tunjangan. Tidak ada bonus di PNS. Tunjangan PNS lebih tinggi dari gaji pokok dan tunjangan ini yang menjadi incaran banyak orang saat mendaftar PNS. 

Baca Juga: Gen Z Pengin jadi PNS, Kenapa Enggak?
 

Komponen Penyusun Pendapatan PNS

1. Gaji Pokok

Besaran gaji pokok ini sama rata dan tidak berbeda yang membedakan adalah pangkat dan lama bekerja. Jika PNS memiliki pangkat yang sama pada instansi yang sama maka gajinya sama



2. Tunjangan Kinerja

Tunjangan kinerja ini diterima PNS setiap bulannya dan menyesuaikan dengan absensi kehadiran dan laporan kinerja. Jika kamu sering terlambat dan tidak hadir kerja maka akan ada banyak potongan pada tunjangan kinerja. Oleh karena itu tunjangan kinerja berbeda setiap orang dan tergantung pada performa kerja.
 

3. Tunjangan Jabatan

Jika kamu memegang jabatan struktural atau jabatan fungsional, maka kamu akan mendapatkan tambahan pendapatan dari tunjangan jabatan yang besarannya menyesuaikan dengan risiko dan beban kinerja.
 

4. Uang Makan

Selain gaji pokok dan tunjangan kamu akan mendapatkan uang makan yang dihitung berdasarkan hari kerja sedangkan hari libur seperti sabtu dan minggu atau tanggal merah kamu tidak akan mendapatkan uang makan pengecualian untuk PNS yang bekerja Shift.
 
Pendapatan yang beragam mungkin menjadi salah satu alasan masih banyak orang yang berminat untuk berkarier di PNS. Ada hal lain yang jarang orang tahu kalau menjadi PNS memiliki banyak kelebihan yang mungkin tidak ada di Swasta.