Menumbuhkan Minat dan Baca Anak, Begini Strateginya!

Cara menumbuhkan minat baca pada anak (Foto Freepik.com)

Like

Kita yang berada di Indonesia tidak bisa di pungkiri bahwa minat baca masyarakat kita masih sangat memprihatinkan.

Menurut survei yang di lakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 bahwa minat baca Masyarakat Indonesia hanya sekitar 10%, ini berarti 10 orang dari 100 masyarakat Indonesia yang rajin dalam membaca.

Maka dalam hal ini sangat di perlukan kesadaran Masyarakat terutama bagi kita yang mempunyai minat dalam membaca, kita harus merasa bertanggung jawab dalam mengajak masyarakat untuk membaca.

Kita bisa menarapkan kebisaan membaca dalam keluarga kita sendiri , misalnya seperti menerapkan minat membaca terhadap anak.

Banyak sekali mamfaat yang bisa di dapat dalam menerapkan minat membaca terhadap anak keci diantaranya;


Baca Juga: Rekomendasi Buku Keuangan Supaya Jago Soal Finansial

Dapat meningkatkan kualitas hubungan antar anak dan orang tua. Dalam sebuah jurnal Reading Aloud to Children: The Evidence, mengajak anak membaca sejak dini dapat meningkatkan kualitas hubungan orangtua dan anak. 

Kegiatan ini dapat meningkatkan koneksi antar orang tua dan anak dalam berkomunikasi. Meningkatkan kemampuan anak dalam mendengar. Keterampilan mendegar sangat lah penting bagi anak, sebelum ia mampu membaca, dalam meningkatkan kemampuan ini, orang tua bisa membeli buku yang bisa mengeluarkan suara.