Kripto Sebagai Mata Uang Global, Ini yang Perlu Diperhatikan!

Mata Uang Kripto dan Fiat (Sumber gambar: freepik.com)

Like

Sudah melihat porto kriptomu pekan ini? Naik? Turun? Atau ya gitu-gitu aja. Tetap semangat yaa. Semoga tetap bisa bertahan di dunia kripto xixixi

Pernah tidak kita berpikir bagaimana jika semua orang di dunia menggunakan mata uang yang sama? Atau pernahkah membayangkan betapa senangnya kita bila bepergian ke luar negeri tanpa harus menukar mata uang?

Angan-angan tersebut mungkin saja terjadi suatu saat, apalagi saat ini perkembangan teknologi sangat masif dan gejolak sosial, politik, dan ekonomi global begitu besarnya.

Sebenarnya jalan untuk hal tersebut (penggunaan mata uang yang sama) sudah terlihat dengan jelas dengan hadirnya teknologi cryptocurrency atau mata uang kripto.

Meskipun saat ini, kripto lebih dikenal sebagai instrumen investasi atau yang lebih buruknya untuk alat-alat kejahatan.


Kita tidak bisa sepenuhnya menyalahkan tapi mari kita membahas bagaiman bila kripto benar-benar digunakan secara global sebagai alat tukar atau alat pembayaran.


Kemudahan Bertransaksi

Mata uang kripto hadir untuk menawarkan kemudahan transaksi bagi penggunanya tanpa melihat asal negara, mata uang apa yang digunakan, atau yang lainnya.

Asalkan orang yang ingin bertransaksi memiliki gawai yang memadai dengan internet yang tersambung, transaksi bisa berjalan dengan lancar bahkan dengan orang yang berbeda negara.

Baca Juga: Tantangan dan Keuntungan Kripto Sebagai Mata Uang Global


Desentralisasi

Kehadiran mata uang kripto sebagai alat pembayaran menjadikan institusi pemerintah tidak dapat mengintervensinya. Intervensi di sini dalam hal kebijakan-kebijakan yang terkait mata uang.

Kenapa? Karena mata uang kripto berjalan secara desentralisasi dengan berbagai macam mekanisme tergantung jenis kripto yang digunakan.

Segala transaksi di kripto juga dapat diawasi dan terlacak oleh semua orang yang terhubung di internet. Tidak ada sistem perbankan konvesional yang mengatur sebagaimana mata uang fiat.

Selain dua hal tersebut masih banyak keuntungan lainnya seperti inklusivitas keuangan, transparansi, dsb. Namun, teman-teman dapat mencari lebih lanjut di internet.

Berikutnya kita akan melihat kekurangan penggunaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran global.