Saham Sepekan Bisnis Muda: IHSG Menghijau di Ulang Tahun BEI, Siapa yang Paling Cuan?

Trade Illustration - Canva

Like

Di perdagangan pekan kedua Agustus 2020, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatatkan pergerakan yang cukup positif nih, Be-emers. Selama lima hari berturut-turut, IHSG mampu bertahan di zona hijau.

Hingga di penutupan perdagangan bursa, Jumat (14/8), IHSG menguat hingga 0,16 persen ke level 5.247,69. Penguatan itu dipimpin oleh sektor pertambangan yang bergerak positif hingga 0,95 persen.

Hal itu disusul oleh sektor finansial yang menguat 0,46 persen. Meski begitu, sektor perdagangan (trade) justru terkoreksi cukup dalam hingga -1,12 persen.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), sepanjang pekan kedua Agustus 2020 ini, IHSG telah menguat hingga 2,02 persen. Adapun, kapitalisasi pasar (market capitalization) bursa mencapai Rp6,083,72 triliun.

Dikutip dari Bisnis, penguatan bursa terjadi seiring respon positif pasar terhadap Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2021 mendatang. Selain itu, melalui pidatonya pada Jumat (14/8) lalu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2021 diprediksi menguat hingga 5,5 persen.


Sementara itu, saham PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) menjadi emiten paling moncer selama sepekan terakhir lho, Be-emers. Walau sempat mengalami oversubscribed, saham emiten anyar ini telah berhasil menjadi top gainers dengan penguatan hingga 111,11 persen.

Di sisi lain, PT Karya Bersama Anugerah Tbk (KBAG) menjadi saham yang paling boncos selama sepekan. Emiten properti yang berbasis di Balikpapan ini terkoreksi hingga -26,21 persen.

Adapun, di ulang tahunnya yang 43 ini, BEI telah resmi meluncurkan indeks baru yaitu Indeks IDXQ30 (IDX Quality 30). Selain itu, bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BEI juga lagi mempersiapkan e-IPO yang rencananya akan mulai diaktifkan sebelum akhir tahun 2020 nih, Be-emers.

Menurut kamu, layanan apalagi yang harus ditingkatkan BEI?