Marak Bisnis Beralih ke Digital, Yuk Simak Tips Cuan ala Presiden Bukalapak

Digital Product - Canva

Like

Zaman sudah makin canggih, penyesuaian bisnis ke produk digital pun tentu diperlukan. Apalagi di masa pandemi Covid-19, dimana segala kegiatan serba terbatas, produk digital bisa jadi solusi segala kebutuhan.

Selain itu, memasarkan produk secara digital juga bisa meningkatkan penjualan karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Nah, dikutip dari laman Bisnis, Presiden Bukalapak Teddy Oetomo punya tips cuan buat kamu yang mau terjun ke bisnis digital hingga bertahan dalam waktu lama.

Baca Juga: Resesi Ekonomi 2020? UMKM Pastikan Sudah Go Digital, Ini Langkahnya!
 

Mampu Hadirkan Solusi

Menurut Teddy, dalam menjalankan sebuah bisnis digital, para pelaku usaha harus bisa memberikan solusi yang dibutuhkan pelanggannya. Dengan begitu, usaha digital kamu bakal punya nilai tambah.

Enggak cuma itu, dengan menghadirkan solusi, sebuah bisnis akan berhasil dan bertahan dalam jangka waktu lama lho!


Jadi, coba pikirkan, produk apa yang solutif dan menarik untuk masyarakat. Misalnya, kamu bisa menjual produk minuman herbal untuk menjadi solusi banyak orang menjaga kesehatannya di tengah pandemi.

Baca Juga: Tips Go-Digital ala Studio Kriya Logam Berpengalaman di Indonesia
 

Perhatikan Langkah Promosi

Memang, Teddy menilai kalau promosi adalah salah satu langkah untuk mempercepat pertumbuhan bisnis.

Meski begitu, menurutnya, para pelaku usaha terlebih dahulu memperhatikan dengan matang langkah dalam melakukan promosi. Soalnya, promo itu dibutuhkan, tapi enggak boleh diberikan terlalu berlebihan.

Bagi Teddy, promosi yang enggak sehat bisa merugikan perusahaan itu sendiri. Alhasil, kemungkinan hal itu malah cuam jadi inovasi corporate finance bukan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau sebuah bisnis mengandalkan promosi yang kebablasan, terus aja promo ya lama-lama enggak akan berhasil," ungkapnya.

Baca Juga: Program Pemerintah UMKM Go Digital Membantu Pengusaha Merintis Usaha