Kesehatan Mental Adalah Kunci Kesuksesan Kamu

Kesehatan mental adalah kunci kesuksesan (Sumber: Pixabay.com)

Like

Dilabeli sebagai kunci kesuksesan seseorang, kondisi mental memang jadi faktor yang sangat penting. Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan kondisi tersebut dengan sangat baik agar diri sendiri merasa bahagia dan sejahtera.

Menurut Bisnis.com, hanya 1 dari 10 karyawan dalam masa pandemi ini yang tidak mengalami burn-out. Untuk itu kesehatan mental menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pekerjaan saat ini, terutama bagi kalangan muda. 

Memastikan kondisi mental tetap sehat ini sangat penting. Kesehatan mental adalah suatu kunci untuk bisa bekerja secara produktif dan efektif. Selain itu, setiap manusia juga bisa berkontribusi dalam kegiatan bermasyarakat. Yuk intip alasan penting lainnya di sini!


Menurunkan Risiko Gangguan Kecemasan

Salah satu gangguan mental yang umum dialami oleh manusia, yaitu gangguan kecemasan. Kamu akan terus merasa cemas mengenai sesuatu hal dan perasaan tersebut membuatmu tidak nyaman. Hidup di balik rasa cemas tanpa ujung akan membuatmu semakin stres.

Pada awalnya, rasa cemas ini akibat dari pikiran yang stres dan tidak segera menemukan solusi. Kondisi yang terus memburuk akan berakibat cukup fatal karena efeknya dapat melebar ke berbagai sektor lainnya. 

Salah satu akibat yang terasa secara langsung, yaitu kesehatan fisik terus menurun karena gangguan pikiran. Memahami kesehatan mental adalah hal utama yang harus dilakukan agar dapat mengatasi masalah yang muncul di kemudian hari.


Beberapa gangguan fisik yang dapat dialami, yaitu sakit kepala, detak jantung, otot tegang, napas memburu, hingga keringat dingin. Kondisi akan terus memburuk hingga merusak kemampuanmu dalam bersosialisasi.

Baca juga: Telapak Tangan Berkeringat, Nervous Berlebih? Ini Tipsnya!


Menjaga Suasana Tetap Ceria

Mental yang sehat dapat berimbas pada kondisi tubuh lainnya, termasuk suasana hati yang ceria. Saat gagal mengatasi rasa stres, kamu bisa kehilangan mood berlarut larut hingga timbul bipolar, distimia, gangguan depresi mayor, dan gangguan kepribadian.

Kondisi tersebut tentu tidak ingin dialami oleh banyak orang, sehingga harus kamu atasi sejak dini. Gangguan mental di atas bisa dihindari, bila kondisi mental kamu terjaga. Implikasi lainnya, suasana hati tidak akan berubah ubah secara drastis.


Meningkatkan Kesejahteraan

Menurut beberapa penelitian, kondisi mental dapat berpengaruh pada kesejahteraan kamu. Kesehatan mental adalah salah satu faktor yang dapat mempngaruhi kondisi ekonomi serta sosial seseorang, sehingga kamu harus berhati hati. Tentunya akan berimbas pada produktivitasmu di kantor.

Saat dapat menjaga kondisi mental dengan baik, maka kesejahteraanmu akan terpenuhi dari berbagai aspek. Mulai dari sektor ekonomi, fisik, sehingga pendidikan dapat diatasi secara maksimal dan berjalan sesuai harapan.

Ingat bahwa menurut Haemin Sumin, salah satu penulis yang berasal dari Korea mengatakan bahwa sebenarnya stres dan kesedihan itu hanya realitas sementara saja. Temukan cara untuk mengatasinya. 

Baca JugaStartup Ini Punya Layanan untuk Kesehatan Mental Kamu


Mencegah Datangnya Penyakit

Pernahkah kamu mendengar bahwa penyakit berasal dari pikiranmu? Pernyataan ini sangat berkaitan dengan kondisi mental seseorang dan penyakit yang menyerangnya. Kamu akan merasa sangat sehat saat kondisi mental terjaga.

Ditemukan melalui Halodoc sebuah fakta bahwa orang yang mengalami tekanan mental memiliki risiko sebesar 32 persen meninggal akibat kanker. Tidak hanya itu, depresi yang dialami seseorang memiliki kaitan erat dengan penyakit jantung koroner.

Tidak heran, penderita skizofrenia memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih besar. Bahkan rasio kematiannya cukup besar, sehingga kesehatan mental adalah salah satu kunci kamu hidup sehat dan sukses.

Hindari merasa depresi karena suatu masalah dan memikirkannya terlalu berlarut larut. Kamu harus bisa mengelola stres dengan sangat baik agar terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan atau masalah mental lainnya.

Kondisi mental akan semakin buruk saat kamu justru berada di lingkungan yang buruk dan tetap membiasakan aktivitas tidak sehat. Salah satunya merokok, minum alkohol, makan makanan yang tidak sehat.

Ketiganya justru jadi pemicu kamu semakin terjerumus ke dalam gangguan mental yang lebih dalam. Dampak buruk lainnya, justru meningkatkan risiko terkena penyakit yang mematikan, seperti kanker hingga penyakit jantung. 

Nah, jadi teman-teman yuk mulai recharge energi kamu dengan energi yang positif. Kenali dulu apa yang menjadi kebutuhanmu saat ini. Merasa tidak baik itu perlu, sehingga kamu bisa mengenal dirimu dengan baik dan menjadi lebih baik di kemudian hari. 

Baca juga: Self Healing? Belajar Dari Kesalahan, Temukan Jati Diri!