Startup Ini Punya Layanan untuk Kesehatan Mental Kamu

Anxiety - Canva

Anxiety - Canva

Like

Selain fisik yang prima, kesehatan mental juga enggak boleh disepelekan. Berawal dari stres berkepanjangan, kalau dibiarkan, enggak menutup kemungkinan bisa menyebabkan gangguan lainnya seperti anxiety hingga depresi.

Banyak yang bilang, curhat sama teman atau keluarga mungkin bisa mengurangi kegelisahan yang terjadi. Namun terkadang, hal itu justru enggak efektif sama sekali.

Makanya, sebaiknya kamu lebih tepat untuk beralih ke tenaga medis yang jauh lebih mengerti tentang kesehatan mental kamu. Hal ini juga bisa menghindari kamu untuk melakukan self-diagnose atau mendiagnosis diri sendiri.

Sebagai pilihan, kamu bisa menemui psikolog terlebih dahulu, atau psikiater jika sudah merasa membutuhkan penanganan yang lebih serius. Apa bedanya psikolog dan psikiater?

Dilansir dari laman Halodoc, keduanya sebenarnya sama-sama praktisi yang bisa membantu kamu menangani masalah mental. Namun, hanya psikiater yang diperbolehkan mendiagnosis sekaligus bisa memberikan resep atau terapi obat-obatan karena seorang psikiater merupakan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa.


Nah, jika kamu belum merasa perlu ke psikiater, kamu juga bisa terlebih dahulu memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan mental secara online nih, Be-emers. Dilansir dari Bisnis, sejumlah startup healthtech lokal ini punya solusinya untuk kamu.

Baca juga: Alami Stres Saat WFH? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
 

Konsultasi Kesehatan Mental - Halodoc

Selama pandemi Covid-19 ini, dari penelitian Halodoc, masalah kesehatan mental rupanya meningkat lho, Be-emers. Makanya perusahaan rintisan ini lantas meluncurkan kanal khusus layanan konsultasi kesehatan mental.

Dengan dukungan 500 psikolog dan psikiater teregistrasi, layanan ini sudah dimulai sejak Juni 2020. Hal ini dilakukan sebagai pencegahan gangguan kesehatan mental yang lebih parah.

Kalau kamu ingin berkonsultasi, kamu bisa langsung buka layanan Kesehatan Jiwa di halaman awal Halodoc dan pilih bidang Psikologi Klinis atau Kedokteran Jiwa yang kamu butuhkan. Selanjutnya, kamu bisa langsung konsultasi dengan psikolog/ psikiater tersebut.
 

Meditasi Online - Riliv

Selain konsultasi, kamu juga bisa meditasi secara daring nih, Be-emers. Perusahaan rintisan Riliv, punya fitur meditasi online untuk bantu kamu mengatasi masalah psikologi dan memperkenalkan segala informasi kesehatan mental.

Banyak kasus bunuh diri dan minimnya jumlah psikolog di Indonesia, membuat Riliv meluncurkan layanan ini agar mudah diakses masyarakat secara efisien. Aplikasi tersebut telah dilengkapi fitur-fitur mudah, salah satunya panduan meditasi berupa audio berbahasa Indonesia.

Perlu kamu ketahui, fitur atau konten dari meditasi online ini telah dikurasi oleh pakar meditasi sekaligus Co-Founder Mindful Project Hendrick, dimana ia telah berhasil mengatasi depresi melalui meditasi selama 3 tahun.

Aplikasi meditasi online ini juga diharapkan dapat menenangkan diri dan mengurangi kecemasan berlebihan, stres, bahkan depresi. Termasuk salah satunya mengontrol emosi.