Rentan Rusak, Begini Cara Merawat Emas Perhiasan

Jewelry - Canva

Like

Kamu lebih tertarik mengoleksi emas perhiasan?

Dibanding emas batangan, emas dalam bentuk perhiasan memang punya daya tarik tersendiri nih. Selain bisa dijadikan sebagai investasi, emas perhiasan juga bisa digunakan untuk menunjang penampilan.

Meski begitu, emas perhiasan juga rentan rusak lho. Yang bikin kesel nih, kalau terdapat kerusakan sedikit, hal itu bakal berpengaruh ke nilai emasnya jika akan dijual kembali nih.

Waduh! Belum lagi, kalau emas perhiasan tersebut disimpan untuk jangka waktu yang lama, risiko mengalami kusam hingga kerusakan juga bisa saja terjadi, Be-emers.

Makanya, ketika punya emas perhiasan, kamu juga perlu tahu nih cara merawatnya. Dikutip dari Bisnis, ini tip cara merawat emas perhiasan menurut Direktur Pelaksana The House of MBj India Gautam Soni.


Baca Juga: Pilih Emas Batangan atau Perhiasan? Mana yang Lebih Cuan?
 

Simpan di Kotak Terpisah

Kamu wajib banget menyimpan emas perhiasan di dalam kotak terpisah lho!

Hal itu dilakukan untuk memastikan perhiasan emas enggak bercampur sama aksesori lain. Selain itu, penyimpanan perhiasan emas secara terpisah juga bisa menjaganya terpapar cat dan menghindari goresan.

Sebagai tambahan, kamu bisa simpan juga di kantong beludru. Soalnya, kantong tersebut bisa melindungi perhiasan dari kelembaban udara

Jadi, emas perhiasan milik kamu pun aman untuk disimpan dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, kelembaban itu bisa mempengaruhi kualitas emas perhiasan lho!
 

Hindari dari Air!

Ingat, emas perhiasan itu enggak boleh lembab. Jadi, sebisa mungkin hindari dari air ya!

Misalnya nih, kamu pakai cincin atau gelang perhiasan, jangan sampai perhiasan kamu itu terkena air saat kamu cuci tangan, apalagi mandi!

Terlebih, hindari juga dari air hujan. Soalnya, makin sering emas perhiasan kamu terkena air, kemilaunya akan semakin pudar.

Terus, gimana kalau sudah terlanjur sering kena air?

Kamu bisa mengeringkannya terlebih dahulu. Cara lainnya, kamu bisa pakai gel silika buat menyerap kelembaban dan menjaga emas perhiasan kamu tetap kinclong!

Baca Juga: Artis Cut Meyriska Jual Perhiasan Emas, Cek Dulu Kelebihan & Kekurangannya